Dua Jurnalis Gapai Pucuk Tertinggi Indonesia

IMG-20150830-WA0000Timika – Dua dari sepuluh jurnalis yang ikut serta dalam Ekspedisi Jurnalis 2015 akhirnya menggapai pucuk tertinggi Indonesia, Carstensz Pyramid di Papua pada 29 Agustus 2015. Kedua jurnalis tersebut adalah Sulung Prasetyo dari Sinar Harapan dan Afif Farhan dari Detik.com.
Kedua jurnalis tersebut juga menjadi yang pertama mencapai gunung tertinggi di Indonesia tersebut melalui jalur desa Ugimba.
Perjalanan ditempuh selama enam hari dari desa Ugimba, hingga mencapai kamp utama pendakian dilembah danau-danau.
“Pendakian ke Carstensz melalui Ugimba merupakan jalur tersulit yang pernah ada saat ini,” kata Hendricus Mutter, dari Adventure Carstensz yang menjadi konsultan pendakian.
Kalau ditarik garis lurus dari desa Ugimba menuju puncak Carstensz, jarak pwndakian diperkirakan sejauh 61 kilometer (km). Pintu masuk pendakian sebelumnya melalui kota Sugapa, baru kemudian menuju desa Ugimba selama satu hari. Jalur pendakian setelah desa Ugimba melewati berbagai tantangan termasuk naik turun bukit menyusuri sungai Kemabu, melewati hutan akar, bukit yang penuh dengan semut, padang rawa, dataran tinggi luas, tebing batu, hingga akhirnya puncak gunung bersalju.
Kegiatan ini juga dilengkapi dengan prestasi pencapaian puncak salju gunung
Jaya Wijaya seorang diri oleh wartawan SH. Selain itu pendakian juga dilengkapi dengan pengenalan area disekitar pegunungan tengah Papua, termasuk wilayah salju Carstensz Timur dan gunung Soemantri Brojonegoro.
Arif Yahya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparenkraf) yang melepas anggoya tim di Timika mengatakan ekspedisi ini untuk mendukung pembukaan jalur-jalur baru menuju puncak Carstensz.
“Carstensz bisa menjadi ikon wisata minat khusus di Papua, sebab merupakan salah satu dari tujuh puncak tertinggi di Indonesia,” kata Arif.
Sebelumnya jalur pendakian termudah bisa melalui lintasan milik PT Freeport Indonesia, namun selalu terkendala dengan masalah perijinan. Sehingga alternatif jalur pandakian lain seperti melalui desa Ugimba harus didukung.
Menurut data jalur pendakian menuju Carstensz juga bisa dilalui melalui desa Ilaga, Swanggama dan Tsinga. Namun jalur melalui Ugimba dianggap yang paling lengkap memberikan atraksi budaya dan alam, selain juga desa Ugimba sydah dipersiapkan sebagai desa wisata oleh Kemenparenkraf pada waktu mendatang.
Kegiatan ini juga didukung oleh Kemenko Maritim yang turut melepas keberangkatan tim. Selain jurnalis beberapa pendaki dari kalangan umum seperti Mapala UI dan Wanadri juga disertakan, untuk membantu promosi dan pengenalan jalur. Total 10 jurnalis yang mengikuti kegiatan termasuk dari media Kompas, Media Indonesia, Metro TV, Bisnis Indonesia, Indo Pos dan Papua Magazine. (Sulung prasetyo)

2 responses to “Dua Jurnalis Gapai Pucuk Tertinggi Indonesia

  1. Selamat dan sukses ya ….. Hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s