Hujan Ringankan Hawa Panas India

HYDERABAD – Hujan yang menyebar akhirnya turun pada Minggu (31/5/2015) di India, meringankan sedikit bencana hawa panas yang menewaskan hingga 2.200 orang, mulai akhir pekan lalu.Hujan tersebut juga disertai sedikit badai, yang jatuh disebagian besar bagina selatan Andhra Pradesh dan Tengalana. Kedua daerah itu juga yang tercatat sebagai wilayah paling banyak korban meninggal karena hawa panas.

Namun diperkirakan Badan Meteorologi India, hawa panas tetap akan menyerang pada beberapa hari terakhir. Tercatat hawa panas akan mencapai suhu 45 derajat celcius. Dipercaya serangan hawa panas ini sebagai yang terburuk setelah dua tahun terakhir.

P Tulsi Rani, pejabat urusan bencana India mengatakan setidaknya hingga sekarang sudah ada 1.636 orang meninggal di India karena hawa panas. Total menjadi bertambah setelah pada terakhir negara bagian Tengalana mengabarkan ada 541 orang lagi tewas pada hari terakhir.

Para medis terus berjuang untuk mengurangi dampak dari bencana ini. Tampak beberapa pasien masih terbaring karena terkena hawa panas. Beberapa mengeluh sakit kepala dan kerongkongan sakit. Terbanyak korban tewas berasal dari kalangan miskin, dan orang tua.

Menurut para pakar, kejadian hawa panas yang menimpa India ini berada diluar perkiraan. Selain itu kondisi juga berlangsung lebih lama dari periode biasanya.

Belum lama Perdana Mentri (PM) India, Narendra Modi mengatakan agar orang-orang berusaha sendiri untuk menghindar dari hawa panas ini. Sementara pemerintah menunggu agar angina muson yang membawa hujan segera datang.

Di negara bagian Orissa, sudah ada 21 orang yang kini tercatat juga terkena dampak hawa panas. Sementara sembilan orang lain dilaporkan juga tewas didaerah-daerah lain. Demikian dilaporan kantor berita Press Trust of India.

Meskipun juga turun hujan didaerah Orissa, namun temperature udara belum mengalami penurunan. Suhu udara mencapai 43 derajat celcius pada siang hari.

India mengumumkan hawa panas terjadi karena suhu maksimum mencapai 45 derajat celcius. Lebih tinggi lima derajat daripada rata-rata yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Tak lama biasanya akan datang angin musin yang akan membawa hujan ke India. Namun bencana dinegara tersebut tampaknya belum akan berakhir, mengingat banyaknya hujan justru akan mengakibatkan tanah longsor. (AFP/BBC)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s