Warna Baru Pemimpin Muda Dunia

ATHENA – Ia lebih memilih naik sepeda motor ketimbang limosin, menolak menggunakan dasi dan tinggal di apartemen murah di daerah paling padat di Yunani.
Seperti itulah profil Perdana Menteri (PM) Yunani yang baru terpilih, Alexis Tsipras. Mewakili kalangan generasi muda baru Yunani, meninggalkan dunia politik elit, dan menjadi lelaki sesungguhnya yang menolak segala bentuk korupsi.

Tsipras terpilih di usia yang sangat muda, 39 tahun. Menjadi salah satu pemimpin negara dunia yang termuda. Setelah memenangi pemilihan umum di Yunani, pekan ketiga Januari 2015 lalu. Dengan haluan politik kiri ekstrem bernama Partai Syriza, Tsipras merenggut suara terbanyak dan meraih 71 suara di parlemen mendatang.
Kalangan muda seperti Tsipras tak hanya sendiri didunia ini. Sebelumnya PM Italia, yang baru juga terpilih terhitung masih sangat muda. Matteo Renzi terpilih sebagai PM Italia pada usia 39 tahun juga. Saat ini Renzi memecahkan rekor pemimpin Italia paling muda dalam sejarah. Sebelumnya ada nama Giovani Goria, yang terpilih pada tahun 1996 di usia 43 tahun.
Selain Renzi dan Tsipras, ada nama Joseph Muscat. Ia menjadi PM Malta pada usia 40 tahun. Selain itu ada PM Luemburg, Xavier Bettel yang berusia 41 tahun, serta pemimpin Rumania yang baru juga terpilih, Victor Ponta pada usia 42 tahun. Sementara PM Inggris, David Cameron berusia 43 tahun saat terpilih sebagai pemimpin.
Namun semua nama itu kalah dengan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un. Kim menjadi pemimpin Korut pada umur 31 tahun. Bahkan sebenarnya ia sudah memimpin Korut pada usia 28 tahun, namun secara de facto ia baru benar berkuasa setelah kematian ayahnya, pada tahun 2011.
Dibelakang Kim ada nama Irakli Garibashvili, yang menjadi PM Georgia. Garibashvili lahir tahun 1982, dan menjadi PM Georgia pada tahun 2013.
Selanjutnya ada pangeran Qatar, Tamim bin Hamad Al Thani. Ia mejadi pemimpin negara terkaya di dunia tersebut pada usia 33 tahun.
Tampaknya keturunan raja dan ningrat, lebih memiliki kemungkinan menjadi pemimpin pada usia muda. Seperti kasus Jingme Khesar Namgyel Wangchuck, yang menjadi raja Bhutan sejak tahun 2006. Jingme menjadi pemimpin Bhutan saat ia berusia 26 tahun.
Pemimpin muda lain berasal dari Kosovo. Atifete Jahjaga menjadi Presiden Kosovo saat ia berusia 38 tahun. Selain meraih rekor sejarah sebagai Presiden Kosovo paling muda yang pernah ada, Jahjaga juga menjadi perempuan pertama yang menjadi Presiden di negara tersebut. Jahjaga menjadi pemimpin setelah berkarir lama di kepolisian. (Huftington/Crikey/Time/Telegraph/Daily Mail/sulung prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s