Retail Makanan Supermarket Diperkirakan Banyak Bangkrut

LONDON – Lebih dari 100 pemasok makanan di bisnis supermarket akan mengalami pemotongan harga karena keinginan konsumen, demikian diungkapkan laporan terakhir yang dikeluarkan Begbies Traynor, firma analis spesialis perusahaan bangkrut, Kamis (15/1/2015).

Industri paling menunjukan sinyal masalah keuangan diperkirakan pada sector retail makanan. Dalam laporan tersebut dikatakan sekitar 4.550 pengusaha penjual makanan sedang ebrjuang dari kebangkrutan sekarang, bila dibandingkan 2.878 tahun lalu. Jumlah pengusaha meningkat dari angka 733 pada kuartal terakhir 2013, hingga kemudian meningkat sebesar 1.410 pada kuartal terakhir 2014.
Kesulitan keuangan diperkirakan banyak terjadi pada perusahaan kelas kecil. Retail kelas kecil itu mengalami kesulitan pada kuartal terakhir, yang terbukti meningkat sebesar 61 persen menjadi 4.388. Sementara manufaktur kecil minuman dan makanan meningkat sebesar 113 persen, menjadi 1.240 perusahaan bermasalah.
Munculnya tekanan bagi pengusaha produk makanan datang dari penjanjian dengan manajemen supermarket. Dimana manajemen supermarket memberlakukan karting besar, pembayaran yang lambat, atau meminta poteongan harga dari permintaan.
Julie Palmer, partner dari Begbies Traynor mengatakan meskipun pihak supermarket akan memberlakukan pemasok dengan lebih adil, tapi akan sulit ditemukan solusi pemotongan harga dalam jangka panjang.
“Kami berharap ada setidaknya 100 perusahaan kecil yang bisa diselamatkan dari 1.410 yang sekarang ada,” ujar Julie.
Yang mencemaskan dari kondisi tersebut adalah hilangnya sebanyak 3,6 lapangan kerja yang berada disektor produksi.  Dampak dari ketidaksbilan ekonomi diperkirakan bisa juga mengarah ke bidang politik, mengingat akan dilakukan pemilihan umum pada bulan Mei 2015 mendatang. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s