Proyek Google Glass Diakhiri

google-glass-banSAN FRANSISCO – Perusahaan Google akhirnya memutuskan untuk menghentikan proyek Google Glass. Kamis (15/1/2015) Google mengatakan akan fokus pada versi baru dari Glass, dan menghentikan proyek yang ada sekarang.
Explorer, program yang mengembangkan Google Glass mengatakan sekarang perangkat tersebut dijual senilai US$ 1.500 per buah. Tapi kini tak akan diproduksi lagi, dan akan dikembangkan produk baru. Mulai minggu depan, perusahaan akan menghentikan permintaan produk, namun tetap akan menyediakan fasilitas purna jual, bagi perusahaan yang telah menggunakan Glass.

Menurut rencana Google akan meluncurkan divisi baru bernama Google X. Divisi baru itu akan menjalankan proyek penelitian berkode ‘blue sky’. Penelitian itu berada dibawah kepemimpinan Ivy Ross, yang akan melaporkan kepada Tony Fadell. Tony sendiri dikenal sebagai Kepala Eksektif untuk perua\sahaan bisnis Google bernama Nest, yang dikenalkan tahun lalu.
Pihak Google mengatakan akan komitmen pada produk baru itu di masa mendatang, tapi belum bisa menjanjikan waktu peluncuran produk baru tersebut.
Awalnya Google Glass mendapatkan banyak perhatian karena visi masa depan yang berhasil ditampilkan produk tersebut. Termasuk kemudahan mendapatkan data, melalui kaca didepan mata yang lebih praktis.
Namun terakhir produk tersebut dianggap melelahkan, dan dikatakan banyak tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Banyak pemakai juga mempertanyakan mengenai pembajakan dan keamanan dari produk tersebut. Bahkan beberapa bar dan pub di Eropa telah melarang pemakaian Google Glass demi kenyamanan bersama.
Kini Google Glass diperkirakan telah mati. Tony Fadell dari Nest mengatakan akan mempertimbangkan kembali bentuk baru dari produk yang akan dijual. Namun ia memastikan tahap penelitian akan diseriuskan untuk mendapatkan jenis produk yang paling diinginkan konsumen.
Mereka kini sudah melakukan pendekatan dengan konsultan desain pakaian, menyangkut gaya seperti apa yang diharapkan bisa dibuat bila dipadukan dengan tren berpakaian masa depan. Upaya tersebtu setidaknya diharapkan bisa menghasilkan pemikiran baru mengenai desain produk mendatang Google tersebut. (BBC/TechRadar/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s