Inggris Bentuk Konsorsium Pengolahan Limbah Nuklir

LONDON – Sebuah konsorsium baru akan diumumkan Selasa (13/1/2015) oleh pemerintah Inggris. Konsorsium bernama Mitra Manajemen Nuklir (NMP) tersebut akan menjalankan proyek pembersihan limbah nuklir di Inggris, bernilai sebesar 9 miliar pound sterling, di daerah Sellafield.

Konsorsium itu diharapkan merupakan gabungan dari beberapa perusahaan dari berbagai negara. Tercatat grup teknik URS dari Amerika Serikat (AS), firma dari Inggris Amec dan Areva, sebuah perusahaan energi di Prancis akan turut ambil bagian dari konsorsium tersebut.

NMP diperkirakan akan memperkerjakan sebanyak 10.000 tenaga kerja. Jumlah tenaga kerja tersebut diperkirakan menjadi yang terbesar, dalam industri pengolahan limbah energi.
Ian Irving, Manajer Umum NMP mengatakan mereka mengerti kalau Otoritas Dekominision Nuklir (NDA) sudah berupaya untuk terus menjalankan program di Sellafield. Namun ia menolak memberikan keterangan mengapa harus dilakukan konsorsium untuk menjalankan program tersebut.
“Namun perlu dicatat, setelah dijalankan selama lima tahun, pengolahan limbah nuklir di Sellafield telah mengalami periode terbaik dalam manajemen dan kemajuan teknologi yang digunakan,” ujar Irving.
Selain itu yang terpenting menurut Irving, merupakan bukti tidak adanya masalah keamanan yang terjadi selama lima tahun pengoperasian awal pusat pengolahan limbah tersebut.
Menurut wakil dari pemerintah Inggris, mengenai NMP tersebut merupakan proyek yang membutuhkan ahli ternama dan harus memiliki pilihan alternatif untuk menjalankan manajemen.
Gary Smith, dari GMB Union mengatakan fase baru manajemen NMP sudah tidak bisa dielakan. Keputusan tersebut akan membawa dampak lebih baik bagi program tersebut. Mengingat hingga kini terllau banyak target yang seharusnya dicapai NMP namun belum bisa tercapai.
“Uang dari negara sudah banyak yang digunakan. Namun masih banyak target untuk pengolahan limbah nuklir yang seharusnya bisa terjadi di Sellafield belum juga tercapai. Dengan adanya NMP maka diharapkan target-target itu bisa diraih dalam beberapa tahun ke depan,” papar Smith.
Sementara itu juru bicara dari Departemen Energi Inggris mengatakan kalau Menteri Energi Inggris, Ed Davey menginginkan kemajuan lebih baik dalam upaya pengolahan limbah nuklir. Sebab hal tersebut akan menjadi keluaran terbaik yang bisa dipaparkan kepada para pembayar pajak.
Menurutnya bila pemerintah bisa bekerjasama dengan pihak swasta dalam konsorsium tersebut, maka diharapkan pilihan alternatif manajemen dan teknologi pengolahan yang lebih baik bisa tercapai. (BBC/Guardian/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s