Penjualan Mobil di Tiongkok Naik

BEIJING – Pertumbuhan penjualan mobil di Tiongkok terus bertambah. Hal itu menjadikan Tiongkok sebagai salah satu pasar terbesar industri mobil dunia. Senin (12/1/2015) Asosiasi Manufaktur Automobil Tiongkok (CAAM) mengabarkan adanya kenaikan penjualan mobil di Tiongkok sebesar 6,9 persen pada tahun 2014.

CAAM berharap pada tahun 2015 ini pertumbuhan penjualan mobil akan terus bertambah di Tiongkok. Ditargetkan pertumbuhan sebesar 7 persen bisa diraih, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Tiongkok per tahun.
Perusahaan mobil Volkswagen, yang merupakan perusahaan mobil terbesar di Eropa, mengumumkan adanya kenaikan tingkat penjualan di Tiongkok. Dikatakan penjualan mobil Volkswagen di Tiongkok naik sebesar 12,4 persen, dengan jumlah sebesar 3,67 juta kendaraan terjual pada tahun 2014.
Sementara penghasil mobil dari Jepang, Toyota justru dikabarkan mengalami penurunan target penjualan. Tahun 2014 Toyota berhasil menjual 1,03 juta mobil. Namun angka tersebut berada dibawah target sebelumnya, yang berada di angka 1,1 juta.
Diperkirakan lebih dari 23 juta kendaraan berhasil dijual di Tiongkok pada tahun lalu. Angka itu jauh berada diatas penjualan mobil di Amerika Serikat (AS) yang hanya mencapai angka 16,5 juta.
Menurut CAAM total penjualan mobil di Tiongkok naik terus per tahun. Hanya jenis kendaraan saja yang bisa berbeda angka penjualan. Seperti kendaraan sedan justru turun angka penjualan sebesar 17,4 persen. Sementara penjualan jenis SUV naik hingga 4,1 persen.
Kebanyakan kenaikan terdapat pada jenis mobil dari luar negeri Tiongkok. Seperti mobil keluaran GM naik penjualan sampai 12 persen. Tercatat mobil GM yang terjual di Tiongkok tahun 2014 sebanyak 3,5 juta. Bahkan pad abulan Desember 2014, GM berhasil menjual mobil sebanyak 357.375 buah.
Sementara Nissan Motor Co., sebagai merk dagang paling ternama dari Jepang yang dijual di Tiongkok mengatakan adanya peningkatan penjualan tahun 2014 sebesar 0,5 persen. Sepanjang tahun 2014 Nissan mencatat telah menjual sebanyak 1,2 juta kendaraan.
Perusahaan Jepang lain, Toyota Motor Co., juga menyatakan naik angka penjualan meskipun tak sesuai target. Mereka berhasil menjual mobil sebanyak 1 juta buah pada 2014. Pada bulan Desember saja mereka berhasil menjual 125.000 mobil.
Ford Motor Co., mengatakan juga mengalami kenaikan penjualan di Tiongkok. Menurut penjelasan resmi dari Ford Motor Co., penjualan di Tiongkok naik sebesar 19 persen dari tahun 2013. Sebanyak 1,1 juta kendaraan berhasil dijual. Sementara pada bulan Desember 2014 tercatat berhasil menjual sebanyak 107,244 kendaraan.
Pesaing lain, BMW mengatakan penjualan kendaraan keluaran mereka mengalami kenaikan di TIongkok. Prosentase kenaikan mencapai angka 16,7 persen. Sebanyak 455.979 kendaraan berhasil mereka jual pada tahun 2014. (BBC/CTV/slg)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s