Presiden Perempuan Pertama Kroasia Terpilih

ZAGREB – Kolinda Grabar-Kitarovic akhirnya terpilih menjadi presiden baru Kroasia, Senin (12/1/2015). Ia kemudian menjadi presiden pertama berkelamin perempuan, yang pernah ada disana.

Grabar-Kitarovic memenangkan pemilihan umum, dengan angka tipis. Ia menang dengan pemilih sebanyak 50,5 persen, lebih banyak dari yang memilih pesaing terdekatnya Ivo Josipovic, yang meraih 49,5 persen suara.
Atas hasil tersebut, Josipovic segera mengumumkan kekalahannya dan memberi selamat khusus kepada pesaingnya tersebut.
Grabar-Kitarovic berasal dari partai konsevatif bernama Persatuan Demokrat Kroasia (HDZ). Partai itu juga yang secara keras, mendorong pemisahan Kroasia dari Yugoslavia pada tahun 1991 lalu.
Sebelumnya Grabar-Kitarovic juga pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri, dan Sekretaris Jendral di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).
“Saya tak akan membiarkan orang-orang yang berbicara kalau Kroasia bukan negara yang memiliki prospektus dan kesejahteraan memadai,” kata Grabar-Kitarovic dalam pidato kemenangan di Zagreb.
Ia juga memanggil semua warga negara, untuk bersatu menyelesaikan masalah krisis ekonomi, yang terus membelenggu negara tersebut dari tahun 2010.
Sementara Jasipovic dikenal sebagai pakar hukum dan komposer musik klasik. Sebelumnya ia pernah menjadi presiden sejak tahun 2010. Namun meskipun ia menjadi idola, kekalahan tetap tak terelakan. Masalah utama sepertinya rakyat Kroasia sudah tak percaya lagi, kalau kubu kanan dan tengah yang dipadukan oleh Jasipovic mampu mengatasi masalah krisis yang menghadang Kroasia.
Perdana Menteri Kroasia sebelumnya, Zoran Milanovic mengatakan permintaan maaf mendalam kepada warga Kroasia, karena selama pemerintahannya masalah krisis ekonomi tak bisa diselesaikan. Namun ia berjanji akan memperbaiki hal tersebut dalam pemilihan mendatang, usai pemerintahan Grabar berakhir.
Kroasia bergabung dengan Uni Eropa (UE) pada tahun 2013. Namun penggabungan tersebut tak merubah tingkat ekonomi Kroasia, sebagai salah satu yang terlemah di blok barat saat ini. Tingkat pengangguran mencapai 20 persen. Lebih dari setengah penganggur tersebut berumur 25 tahun. Diperkirakan pertumbuhan pengangguran akan kembali meningkat tahun ini, sebanyak 0,5 persen. (BBC/AFP/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s