Xiaomi Raih Keuntungan Dua Kali Lipat

BEIJING – Perusahaan pembuat telepon genggam Xiaomi mengatakan kenaikan jumlah pendapatan mereka dua kali lipat pada akhir tahun 2014 ini. Menurut pihak Xioami, mereka mendapatkan untung sampai US$ 11,97 miliar, naik sebesar 135 persen dari tahun 2013 lalu.

Kini Xiaomi menduduki peringkat ketiga dalam pendapatan, setelah perusahaan pembuat telepon genggam lain, seperti Samsung dan Apple. Diperkirakan Xiaomi telah menjual lebih dari 61 juta telepon genggam pada tahun 2014 lalu, meningkat sebanyak 227 persen dari awal tahun sebelumnya.

Perusahaan Xiaomi juga mengatakan telah melewati target penjualan sebanyak 60 juta telepon genggam pada tahun 2014. Bahkan telah mencapai penjualan sebanyak 20 juta pada awal tahun. Menurut penjelasan perusahaan mereka akan melakukan strategi baru, agar nilai penjualan bisa tetap bertahan baik seperti ini.

Kepala Eksekutif Xioami, Lei Jun mengatakan tahun 2014 merupakan saat menentukan bagi perkembangan Xiaomi. “Dimana pada tahun itu kami melangkah dari hanya sebagai pengikut pembuat telepon genggam, hingga kemudian menjadi pemimpin pasar Tiongkok seperti saat ini,” kata Lei.

Menurut strategi penjualan Xiaomi dengan memproduksi telepon genggam murah, telah berhasil bersaing dengan para pemimpin pasar penjualan telepon genggam dunia seperti Samsung. Namun ia berharap peningkatan tersebut juga bisa terjadi tidak hanya di pasar Tiongkok, juga pada negara-negara lain di dunia.

“Terakhir kami telah sukses memasuki tujuh pasar dunia yang berada diluar Tiongkok,” tambah Lei.

Salah satu pasar yang menjanjikan merupakan India. Dimana menurut keterangan Lei mereka telah menjual lebih dari 1 juta telepon genggam dalam waktu kurang dari lima bulan. Namun pertumbuhan tersebut terhambat dengan masalah hak paten, yang dipersoalkan perusahaan Siemen.

Selain masalah di India dengan pihak Siemen, perusahaan Xiaomi juga kini dihadapkan pada masalah kesamaan bentuk produk dengan keluaran milik perusahaan Apple. Jony Ive, Kepala Desain Apple menuduh Xiaomi telah mencuri desain yang dipergunakan Apple, serta mengatakan Xiaomi sebenarnya perusahaan yang malas untuk berkreasi.

Hugo Barra, Wakil Presiden Xiaomi mengatakan desain produk mereka berasal dari banyak sumber, dan Xiaomi bukan perusahaan yang suka menjiplak. (BBC/CNet/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s