Perubahan Iklim Ancam Bisnis Properti Pesisir

sea homes climate change

dok. bbc.co.uk

LONDON – Diperkirakan sekitar 7.000 properti yang berada di pesisir Inggris dan Wales akan terdampak dari kenaikan muka air laut pada abad mendatang. Demikian diungkapkan Badan Lingkungan Inggris, Selasa (30/12/2014).

Analisa terbaru yang dibuat Badan Lingkungan Inggris menyebutkan, lebih dari 800 bangunan disana akan terdampak paling serius, karena erosi pesisir pada 20 tahun mendatang. Karena fenomena itu, biaya untuk melindungi properti tersebut diperkirakan akan makin tinggi. Dana sekitar 1 miliar pound sterling diperkirakan harus dikeluarkan, bila bangunan properti dipinggir laut disana ingin diselamatkan.

Pesisir Inggris dan Wales sampai saat ini secara stabil terus menghantarkan ombak, namun kenaikan muka air laut karena pemanasan global makin menaikan tinggi ombak dan intensitas badai.

Diprediksi pada 100 tahun mendatang, enam daerah local setempat akan kehilangan masing-masing 200 rumah. Ke enam daerah tersebut termasuk Great Yarmouth, Southampton, Cornwall, North Norfolk, East Riding dan Scarborough.

Beberapa kelompok local setempat mengatakan akan mengajukan kompensasi kepada pemerintah, bila mereka harus pergi dari lokasi mereka tinggal sekarang. Namun pemerintah daerah masih menolak keinginan tersebut, karena masih belum memiliki anggaran untuk membayar kerusakan akibat perubahan iklim. Karena kesenjangan itu, organisasi lingkungan Friends of Earth telah menuntut pemerintah untuk melindungi orang-orang yang rentan terhadap dampak yang ditimbulkan.

Juru bicara Badan Lingkungan Inggris, yang berbicara dengan kantor berita BBC mengatakan dana sejumlah 2,3 miliar pound sterling harus dikeluarkan, untuk investasi manajemen pengendalian resiko banjir dan erosi. “Dengan dana tersebut maka sekitar 15.000 properti bisa diselamatkan dari erosi laut hingga enam tahun ke depan,” urai Badan Lingkungan Inggris.

Menurutnya Badan Lingkungan Inggris terus melakukan upaya teknik terbaru untuk memonitor dan mengakses penyebab dan dampak dari erosi pesisir. Mereka juga mengatakan telah melakukan kerjasama dengan otoritas lokal. Bentuk kerjasama termasuk rencana manajemen pesisir, skema manajemen resiko untuk identifikasi erosi, sistem monitor erosi pesisir dan penelitian lanjutan lain yang dapat dimanfaatkan untuk beradaptasi terhadap perubahan ini.

Selain itu menurut Badan Lingkungan Inggris, masalah lain juga akan timbul dari makin tingginya banjir disana. Namun pelatihan untuk menghadapi masalah tersebut belum dapat dipublikasikan. Sementara rumah yang mungkin hilang karena banjir diperkirakan akan mencapai 3.453 buah, dan 3.216 properti bisnis. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s