Produksi Minyak Tiongkok Diperkirakan Turun

HARBIN – Salah satu perusahaan minyak besar di Tiongkok, Daqing dikabarkan akan menurunkan jumlah produksi, mulai awal tahun 2015 mendatang. Penurunan jumlah produksi itu dilatarbelakangi makin sedikitnya sumber daya minyak dan tingginya biaya produksi.

Informasi tersebut dikeluarkan Daqing pada Konferensi Ekonomi Provinsi Heilongjiang pada akhir minggu lalu. Menurut juru bicara Daqing pada konferensi tersebut produksi perusahaan mereka akan diturunkan hingga 1,5 juta ton, pada tahun depan.

Diperkirakan pada tahun 2020, keluaran produk minyak Daqing akan mencapai 32 juta ton, dengan reduksi taun sebanyak 1,3 juta ton. Sejauh ini Daqing diketahui telah memproduksi sebanyak 2,1 miliar ton minyak mentah, sejak operasional pertama tahun 1960.

Daqing sendiri merupakan salah satu perusahaan minyak terbesar di Tiongkok. Perusahaan tersebut memasok minyak untuk perusahaan negara perminyakan Tiongkok, PetroChina. Pada tahun 2013 lalu, Daqing memproduksi sebanyak 40 juta ton minyak.

Kurangnya sumberdaya minyak menjadi dasar utama pemotongan produksi tersebut. Sementara tingginya angka produksi menjadi alasan selanjutnya. Melalui kantor berita Xinhua, pihak perusahaan Daqing kini kilang minyak mereka bisa mengembangkan prinsip keberlanjutan, dan memberikan waktu untuk penelitian teknologi baru.

Pembatasan produksi itu diperkirakan akan mengurangi jumlah pekerja di Daqing. Namun diharapkan turunnya produksi minyak itu tidak akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi provinsi Heilongjiang. Dalam indeks yang disebarkan disebutkan pendapatan provinsi itu akan mengalami penurunan sampai US$ 3,2 miliar, akibat pemotongan produksi minyak tersebut.

Untuk mengurangi dampak tersebut, pemerintah daerah setempat akan menerapkan berbagai kebijakan. Termasuk mengakselerasi restrukturisasi dan membuat perjanjian baru dengan PetroChina untuk proyek pengolahan minyak baru. (Xinhua/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s