Pemimpin Oposisi Bahrain Ditangkap

AL-MANAMA – Pemimpin utama kubu oposisi Bahrain, Sheikh Ali Salman ditangkap setelah menjalani pemeriksaan selama satu hari penuh di Kementerian Dalam Negeri Bahrain, Minggu (28/12/2014).

Salman ditangkap setelah dituduh sebagai otak penggerak kudeta untuk pemerintahan Bahrain saat ini. Salman diperkirakan menggerakan gerakan oposisi bernama al-Wefaq yang ebrtujuan menggulingkan pemerintahan Bahrain saat ini.

Kuasa hukum Salman mengatakan keputusan penangkapakan tersebut mencerminkan angkuhnya rejim yang berkuasa di Bahrain saat ini. Menurutnya tuduhan yang dilakukan pemerintah Bahrain merupakan pemaksaan kehendak, dan melewati hak warga negara untuk berbicara dan berkumpul.

Salman menjadi berpengaruh setelah mampu mengumpulkan ribuan umat muslim Syiah, dalam protes yang dilakukan akhir minggu lalu. Dalam protes yang terjadi di ibukota Bahrain, Al-Manama itu disebutkan pemerintah saat ini harus turun dari jabatannya karena tidak menjalankan amanat rakyat dan parlemen.

Dalam demonstrasi itu terlihat kaum Syiah mencoba melawan kelompok berkuasa, dari kubu Sunni yang bersifat monarki. Konflik kedua kubu tersebut telah terjadi selama tiga tahun terakhir. Akibat dari demonstrasi itu ratusan orang ditangkap pihak kepolisian.

Menurut informasi yang beredar keterkaitan Salman degan kubu oposisi al-Wefaq telah diketahui pemerintah sejak lama. Seperti dalam bulan lalu Salman juga telah memengaruhi dengan melakukan boikot dalam pemilihan anggota parlemen Bahrain. Menurut Salman dalam boikot tersebut pemerintah jelas tidak bisa mengurangi kesenjangan konflik antara kelompok Syiah dan Sunni di Bahrain. Sehingga diperlukan aksi lebih komprehensif untuk meredakan situasi tersebut.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan kubu al-Wefaq terhadap penangkapan Salman itu disebutkan merupakan aksi penuh dengan kepentingan politik yang kompleks. Mereka justru mengkhawatirkan keputusan penangkapan Salman justru akan makin meningkatkan tensi pergolakan di Bahrain saat ini.

Terakhir beberapa konflik kembali terjadi antara penduking Salman dan pihak keamanan, setelah keputusan penangkapan Salman keluar. Sementara pihak Kementerian Dalam Negeri Bahrain mengatakan akan berusaha meredam konflik tersebut. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s