Tiga Kilang Minyak Libya Dibom

TRIPOLI –Tiga kilang minyak di Libya dibom dan terbakar habis, dalam serangan yang dilakukan Jumat (26/12/2014). Kilang minyak dibakar dengan menggunakan senjata roket, demikian diungkapkan petugas militer setempat.

Said Ali Al-Hassi, juru bicara militer Libya mengatakan pembakaran dua kilang minyak tersebut dilakukan setelah dua kilang lain juga dibakar. “Mereka juga memusnahkan kapal pengangkut minyak yang sedang berlabuh di dermaga,” kata Said.

Sementara Mohamed Al-Hrari, juru bicara dari Korporasi Perminyakan Nasional Libya mengkonfirmasi adanya insiden tersebut. Mereka juga kemudian menyerukan adanya upaya netralisasi dari konflik yang terjadi itu.

Saksi yang melihat kejadian mengatakan melihat asap tebal memenuhi area Sidra dan Ras Lanuf. Kedua daerah itu berada sekitar 130 kilometer (km) dari Sirte. Asap tebal dari kilang yang terbakar itu dikhawatirkan akan mengganggu lingkungan sekitar, bila pihak pemadam kebakaran tak mampu memadamkannya.

Sehari sebelumnya, setidaknya 22 tentara tewas dalam konflik yang terjadi di Sirte. Serangan terjadi diprakasai oleh kelompok milisi setempat, yang tak suka dengan kehadiran kelompok militer disana.

Awal minggu ini, angkatan bersenjata Libya mengumumkan adanya operasi militer, yang bertujuan untuk mengambil alih seluruh kilang minyak disana. Operasi yang disebut “Sunrise Operation” tersebut mengklaim telah mengantungi mandate dari Kongres Umum Nasional Libya.

Dalam serangan tersebut, pemimpin operasi, Tariq Shnena tewas. Namun kebanyakan kilang minyak telah dihancurkan atau diambil alih pemerintah. Daerah yang menjadi pusat lokasi konflik berada dikota antara Benghazi dan Sirte. Kota tersebut berada 500 km di timur Tripoli, meliputi kota-kota seperti Sidra, Ras Lanuf dan Brega.

Sejak Desember 2013 lalu, pertempuran telah terjadi diberbagai kilang minyak yang ada di Libya. Perang membuat tingkat produksi minyak Libya terus menurun. Tercatat produksi minyak Libya turun hingga hanya 200.000 barrel per hari, dari sebelumnya mencapai 800.000 barrels per hari. (Xinhua/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s