Teroris Ancam Prancis

PARIS – Prancis memulai langkah untuk meningkatkan kapasitas keamanan, paska serangan brutal yang dilakukan seorang fanatik gerakan Islam beberapa waktu lalu. Penjagaan dengan mengunakan militer dan polisi ditambah, terutama pada di ibukota Paris dan beberapa area padat kegiatan.

“Kami mengerahkan setidaknya 300 prajurit yang akan dikirimkan ke seluruh negeri untuk menambah keamanan, terutama menjelang natal,” kata Perdana Menteri Prancis, Manuel Valls, Selasa (23/12/2014).

Serangan mengejutkan terjadi minggu lalu. Saat 20 orang di kota Dijon terluka karena secara sengaja ditabrak mobil. Pengendara mobil tersebut diklaim seorang fanatik gerakan Islam, karena terus mengucapkan “Allahu Akbar” saat menabrakan diri ke orang-orang.

Menurut Valls ia menjamin keselamatan publik, dan ia juga memperhatikan apa yang menjadi perhatian publik.

Sementara Presiden Prancis, Francois Hollande memanggil seluruh kabinetnya untuk mengadakan pertemuan pada Selasa.Hollande juga meminta masyarakat tidak panik menghadapi kondisi ini.

Diperkirakan serangan brutal tersebut memiliki kaitan dengan kejadian serupa yang terjadi sebelumnya. Namun para ahli kriminologi mengungkapkan kemungkinan aksi tersebut hanya merupakan salinan dari contoh sebelumnya.

Secara terpisah, kepolisian di Cannes menangkap seorang lelaki yang membawa pistol dan pisau panjang di pasar local setempat. Motivasi lelaki tersebut membawa senjata berbahaya tidak dapat dipastikan secara jelas. Namun pemeriksa kasus tersebut mengatakan tak ada kaitan kegiatan terorisme dan lelaki tersebut.

“Saya tak ingin mengatakan semua kejadian yang baru-baru ini mengemuka ada kaitan dengan serangan teroris. Saya piker itu hanya criminal biasa saja,” kata juru bicara Menteri Dalam Negeri Prancis, Pierre-Henry Brandet.

Ini pengendara yang melakukan serangan di Dijon telah ditangkap. Namun menurut petugas yang memeriksa orang tersebut, diperkirakan mengalami keterguncangan mental.

Beberapa kejadian mirip pernah ada sebelumnya di Prancis. Akhir pekan lalu tiga orang polisi tewas tertusuk di kota Tours. Investigator juga mengatakan tak ada kaitan aksi terorisme dalam kejadian tersebut.(AFP/BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s