Australia Tangkap Lagi Dua Teroris

SYDNEY – Pihak kepolisian Australia kembali menangkap dua orang, yang diperkirakan menjadi pendukung serangan teroris. Penangkapan terjadi pada hari Selasa (23/12/2014), di kota Sydney.

Salah seorang yang ditangkap diperkirakan menjadi otak aksi penyanderaan, yang terjadi di Sydney beberapa waktu yang lalu. Penangkapan itu juga terkait dengan beberapa serangan teroris yang dilakukan pada September 2014 lalu.

Michael Phelan, Deputi Komisioner Polisi Australia mengatakan pelaku yang ditangkap diketahui memiliki dokumen, yang menjelaskan target aksi teroris selanjutnya untuk kalangan pemerintahan.

“Dengan yakin saya katakana kita telah berhasil mencegah apa yang mereka rancang berikutnya,” ucap Phelan.

Namun menurutnya tak ada target spesifik atau waktu yang jelas yang dijelaskan dalam dokumen tersebut. Namun dokumen tersebut baru mengklasifikasi indikator orang pemerintah yang ditarget.

Menurut Phelan, ideology orang-orang yang ditangkap itu mirip dengan yang dimiliki Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS). Pelaku yang ditangkap juga terindikasi pernah emmbantu orang-orang terbang ke Timur Tengah dari Australia, untuk membantu konflik yang terjadi disana.

Minggu lalu, Man Haron Monis, seorang ulama dari Iran menyandera 17 orang yang sedang berada didalam sebuah kantin ditengah kota Sydney. Penyanderaan terjadi selama 16 jam, sampai akhirnya Monis ditembak, dan dua sandera tewas dalam kejadian tersebut.

Sementara itu Perdana Menteri Australia, Tony Abbot mengatak telah menaikan level keamanan di dalam kota. Ia juga ingin mereduksi kemungkinan tumbuhnya simpati untuk kalangan teroris ini berkembang lebih lanjut.

“Kita tak pernah tahu kapan serangan akan terjadi, namun kita tahu ada orang-orang dengan minat, perhatian dan kapabilitas yang bisa melakukan serangan tersebut,” imbuh Abbot. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s