Air China Beli 60 Boeing 737

NEW YORK – Perusahaan Boeing, Senin (22/12/2014) mengumumkan pembelian 60 pesawat terbang buatan mereka, kepada pihak Air China. Nilai transaksi mencapai US$ 6 miliar, untuk pesawat berjenis jet 737 tersebut.

“Kerjasama menunjukan kebanggaan kami menjadi bagian dari kesuksesan Air China menyongsong masa depan,” kata Ihssane Mounir, Direktur Pemasaran Boeing untuk Asia Timur Laut.

Menurutnya pihak Boeing merasa tertarik untuk melihat keluaran dari pesawat 737 menjadi bagian yang signifikan, untuk melanjutkan sukses Air China. Ia juga menggarisbawahi kebijakan baru Tiongkok yang memotong anggaran militer, untuk menyediakan lebih banyak pesawat angkutan umum.

Lebih dalam, Kepala Operasi Boeing, Dennis Muilenburg mengatakan awal bulan ini ada perkembangan permintaan pesawat. Peningkatan terutama datang dari pasar Asia seperti Tiongkok, India dan Indonesia. Peningkatan itu juga diasumsikan berasal dari naiknya putaran ekonomi negara-negara itu, serta kenyataan kebutuhan pada angkutan umum yang lebih efisien seperti pesawat terbang, mengingat besarnya jumlah warga negara.

Sementara mengenai penjualan pesawat Boeing ke pihak China Air, menurutnya sangat akan menguntungkan. Mengingat akan makin tingginya jumlah wisatawan yang akan datang ke Tiongkok, paling tidak hingga 20 tahun ke depan.

“Pembelian itu diperkirakan akan meningkatkan pendapatan China Air hingga delapan persen,” kata Muilenburg.

Pesawat yang dijual itu diharapkan bisa menurunkan biaya produksi dan menyediakan ruang penumpang yang lebih nyaman. Pihak China Air mengatakan harga dasar pesawat itu sekitar US$ 5,9 miliar. Namun masalah harga akan dibicarakan lagi dalam kesepakatan lanjutan.

Sejauh ini pihak Boeing telah menjual sebanyak 1.317 pesawat sepanjang tahun 2014. Sementara tahun 2013 menjual pesawat sebanyak 1.355 buah. Jenis jet 737 menjadi salahsatu keluaran Boeing yang paling diminati pasar. Kemungkinan lantaran hemat bahan bakar, dan kini telah mencapai jumlah pemakaian hingga 1.019 buah diseluruh dunia. (AFP/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s