Upaya Selamatkan Pengeboran Minyak Laut Utara

ABERDEEN – Pertemuan antara pemerintah, persatuan pengusaha dan industri dalam menghadapi tantangan perubahan pengeboran minyak Laut Utara akhirnya diumumkan. Jenny Laing, Pemimpin Konsil Kota Aberdeen, hari Minggu (21/12/2014) mengatakan perlunya rencana strategis untuk menyelamatkan pekerjaan di pengeboran Laut Utara, karena terus jatuhnya harga minyak dunia.

Panitia penyelenggara pertemuan tersebut juga telah mengundang Perdana Menteri (PM) Inggris, David Cameron untuk datang menghadiri pertemuan tersebut juga. Mengingat kondisi ini bisa merubah industri pengolahan minyak disana menemui krisis.

Robin Allan, Pemimpin Asosiasi Eksplorer Independen Brindex mengatakan industry minyak Inggris bisa mengalami kebangkrutan, bila masalah di Laut Utara tidak segera diselesaikan. Biaya produksi yang tinggi, pada akhirnya tidak tertutup bila harga minyak terus turun hingga hanya seharga US$ 60 per barrel.

Sir Ian Wood, pemimpin lain dari industri minyak di Laut Utara mengatakan apa yang diungkapkan Allan terlalu berlebihan. Menurutnya malah kondisi ini akan berbeda dan pulih pada tahun mendatang.

Sementara itu menurut Laing, kota Aberdeen merupakan pusat pengolahan minyak di Eropa. Sebagai penanggung jawab kota tersebut, maka ia merasa berkewajiban untuk mempertahankan jumlah pekerjaan yang sebelumnya ada.

“Saya telah menginstruksikan kepada orang-orang terkait untuk segera mengatur pertemuan tersebut. Nanti akan bertemu para politisi, pemerintah, wakil pengusaha, persatuan perdagangan dan politisi local,” imbuh Laing.

Tujuan pertemuan itu untuk memastikan adanya persetujuan baru mengenai rencana strategis yang bisa memastikan tidak adanya pekerjaan yang hilang dan perusahaan perminyakan yang harus tutup karena bangkrut.

“Namun harus dipahami juga harga minyak saat ini sangat rendah sekali. Kita memerlukan strategi khusus untuk menghindari fluktuasi tersebut, terutama untuk industry perminyakan di Laut Utara,” tambah Laing.

Laing juga menambahkan akan memulai menulis surat kepada pihak-pihak terkait. Terutama pemerintahan di Inggris dan Skotlandia, juga perusahaan minyak, serta pemimpin pengusaha dan perdagangan agar mau datang ke pertemuan tersebut.

Sementara itu dari pihak pemerintah Skotlandia mengatakan tetap akan membantu dengan segala upaya, untuk mempertahankan industri pengeboran minyak di Laut Utara. “Mungkin sekarang memang terjadi perubahan, tapi kami akan memberikan banyak keringanan pajak atau kebijakan lain untuk memperbaiki kondisi itu,” kata juru bicara pemerintahan Skotlandia.

Pihak pemerintah Inggris, melalui Departemen Energi dan Perubahan Iklim mengatakan sangat penting untuk menurunkan harga minyak. Mereka juga mengerti adanya tekanan tinggi terhadap keberlangsungan pengeboran minyak di Laut Utara, dan mendukung adanya pertemuan tingkat tinggi untuk membahas hal tersebut. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s