Ekstrimis Islam Lukai 11 Orang Prancis

DIJON – Seorang pengendara mobil yang meneriakan kata-kata “Allahu Akbar”, Minggu (21/12/2014) menabrakan diri pada 11 orang yang berada dipinggir jalan kota Dijon, Prancis. Pria tersebut kemudian ditangkap dengan tuduhan berniat melukai orang.

Menurut kabar yang tersiar, lelaki tersebut melakukan lima kali aksi penabrakan secara sengaja tersebut. Kelima aksi tersebut dilakukan pada lokasi berbeda, dalam waktu satu setengah jam. Kini lelaki itu dalam perawatan ahli psikiater, karena dikhawatirkan mengalami depresi berat.

Menurut Menteri Dalam Negeri Prancis, Bernard Cazeneuve pada keterangan yang diberikan di French TV, pelaku melakukan aksi tersebut sendiri saja. Diperkirakan berusia 40 tahun dan bertujuan untuk membantu anak-anak di Palestina.

Perdana Menteri (PM) Prancis, Manuel Valls dalam tweet yang disebarkan mengatakan rasa solidaritas mendalam kepada para korban dari kejadian tersebut. Namun ia belum menyatakan kebijakan apapun mengenai kejadian ini.

Salahsatu korban yang berhasil diwawancara, Bertrand Nzohabonayo mengatakan sopir mobil yang melukainya terus meneriakan kata-kata “Allahu Akbar”, yang berarti Allah Maha Besar dalam bahasa Arab.

Banyak pihak kemudian memperkirakan peristiwa tersebut dilatar belakangi oleh berbagai kejadian di Timur Tengah. Kaum muslim garis keras juga dipercaya menjadi dalang dibelakang aksi tersebut.

Banyak juga yang memperkirakan aksi itu berkaitan dengan kejadian penyederaan di Australia, beberapa waktu sebelumnya. Semua keterkaitan itu pada akhirnya akan berujung pada kegiatan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Kejadian serupa ini pernah terjadi beberapa kali di Prancis. Tahun lalu seorang polisi tewas ditusuk seseorang asing di terminal kota La Defense. Kemudian empat orang Yahudi tewas di Museum Yahudi yang berada di Brussel.

Pada tahun 2012, Mohammed Merah menembak mati tujuh orang di kota Toulouse sebelum akhirnya membunuh dirinya sendiri. Prancis dikenal sebagai negara dengan jumlah muslim terbesar di Eropa. Diperkirakan jumlah muslim di Prancis mencapai angka 5-6 juta orang. (AFP/BBC/Xinhua/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s