ISIS Kubur Massal Pejuang Syiah

kuburan massal isis

dok.cnn

DEIR AL-ZOR – Lebih dari 230 mayat, Rabu (17/12/2014) ditemukan dalam kuburan masal di timur Suriah, tepatnya di Provinsi Deir al-Zor. Kuburan masal itu diklaim merupakan bukti kejahatan yang dilakukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Namun pihak ISIS membantah bertanggung jawab terhadap penemuan itu. Banyak yang percaya orang-orang yang terbunuh berasal dari kaum Syiah, yang bertempur melawan militan ISIS disana.

Syrian Observatory for Human Rights mengatakan jumlah kaum Syiah yang ada di provinsi itu sebelumnya mencapai angka 70.000 orang. Dengan penambahan penemuan baru tersebut, maka diperkirakan sudah ada 900 orang Syiah yang dibunuh oleh gerilyawan ISIS sejauh ini.

Omar Abu Layla, juru bicara dari Tentara Pembebasan Suriah mengatakan orang Syiah menemukan kuburan massal tersebut saat kembali dari perang, menuju rumah masing-masing.

“Kuburan massal itu merupakan pesan terhadap orang-orang yang ingin membalas dendam, akan menemui kematian serupa dengan para jenazah itu,” kata Omar.

Sebelumnya ISIS memang telah menguasai daerah itu. Namun kemudian berhasil diusir keluar dari provinsi Deir al-Zor. Keberhasilan pengusiran ISIS juga berkat kerjasama antara pejuan Syiah dan tentara internasional, yang menggempur habis-habisan markas ISIS disana.

Sebelumnya militan ISIS juga telah membunuh sekitar 700 orang milisi Syiah, pada bulan Agustus 2014. Kebanyakan korban berasal dari pihak sipil. Pertempuran terjadi setelah pihak ISIS ingin menguasai dua kilang minyak yang ada di provinsi tersebut.

Pihak ISIS sebenarnya ingin menggulingkan pemerintah Suriah dibawah kepemimpinan, Presiden Bashan al-Assad. Kemudian mereka melebarkan sayap hingga ke arah timur dari Suriah.

Kini diperkirakan sekitar 120.000 tentara berada dibelakang Assad. Mereka berjuang mengakhiri perang saudara yang terjadi di Suriah sejak tahun 2011 lalu. Perang saudara awalnya dimulai setelah terjadi demonstrasi yang menuntut adanya reformasi untuk memperbaiki kondisi pemerintahan saat itu. Hingga sekarang total sudah lebih dari 200.000 orang tewas, dan jutaan orang mengungsi akibat perang disana. Ketisakstabilan membuat proses identifikasi orang yang tewas menjadi makin sulit. Sementara Persatuan Bangsa-Bangsa memperkirakan ada sekitar 190.000 orang tewas, akibat konflik di Suriah. (BBC/Telegraph/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s