50.000 Pekerjaan Baru dari Industri Otomotif Inggris

LONDON – Industri otomotif Inggris diperkirakan akan menciptakan lebih dari 50.000 pekerjaan baru selama dua tahun kedepan. Demikian diungkapkan sebuah studi yang dipublikasi akhir pekan lalu.

Terbukanya lapangan kerja baru itu diharapkan dari kembalinya para investor, yang banyak berkecimpung di luar negeri, untuk kembali menggairahkan industri otomotif nasional Inggris.

Di kota West Midlands, yang dikenal sebagai kota motor di Inggris, bahkan diprediksi akan menciptakan sekitar 18.600 pekerjaan baru dibidang tersebut.

Laporan bertajuk “Fuelling Growth” itu merupakan hasil survey institusi manufaktur dari Inggris dan Welsh, yang menguasai jalur distribusi otomotif. Terlihat sekitar 75 persen responden mengharapkan operasi dari industri otomotif baru itu bisa dimulai pada akhir 2016 mendatang.

namun sekitar lebh dari 45 persen responden menyayangkan pekerja otomotif yang banyak keluar negeri. Kondisi tersebut menunjukan tingginya kemungkinan biaya dan waktu kerja. Menyadari hal itu kebanyakan menyarankan agar industri tersebut khusus dikerjakan secara lokal saja.

Menurut grup perbankan terbesar Inggris, Llyods, sekitar 76 persen dari manufaktur otomotif diharapkan naik sebesar 25 persen pada dua tahun terakhir. Sementara target ekspansi diperkirakan naik hingga 18 persen.

Secara umum dengan kenaikan tersebut, maka akan tercipta 27 pekerjaan baru pada periode itu, yang bila dikalikan dengan keseluruhan wilayah Inggris dan Wales mencapai 50.000 pekerjaan baru.

David Atkinson, Kepala Manufaktur Industri Kecil dan Menengah Lloyds mengatakan Inggris pernah menjadi pemain utama dalam manufaktur otomotif, “Dengan rantai produksi dan kelebihan pada insinyur yang handal, maka bisa menarik minat para investor untuk menanamkan modal,” urai Atkinson.

“Secara umum sangat menarik melihat komitmen yang akan diberikan banyak perusahaan, untuk mengembalikan proses manufaktur otomotif mereka ke Inggris. Keinginan tersebut akan membantu komunitas lokal dan memperbaiki ekonomi Inggris secara keseluruhan,” tambah Atkinson lagi.

Mike Hawes, Kepala Eksekutif Persatuan Manufaktur dan Pedagang Otomotif Inggris (SMMT) mengatakan sangat menyambut baik atas hasil dari penelitian yang dilakukan mengenai manufaktur tersebut.

“Laporan itu menjadi bukti kebangkitan industri manufaktur Inggris pada kejayaannya,” kata Mike.

Menurutnya ia juga ingin perkembangan baru itu juga dinikmati para pengusaha domestic, yang sebenarnya juga merupakan bagian dari industri manufaktur otomotif internasional yang berbasis di Inggris. (Xinhua/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s