Berdoa untuk Kesehatan Raja Thailand

BANGKOK – Perdana Menteri (PM) Thailand, Prayuth Chan-o-cha mengajak para pegawai pemerintahan untuk mengucapkan sumpah setia, saat perayaan hari ulang tahun Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, Jumat (5/12/2014).

Upacara perayaan sendiri akan dilakukan di gedung pemerintahan setempat pada pukul 07.50 pagi, waktu Thailand . Akan tergabung dalam upacara tersebut para pejabat dari Komisi Jasa Sipil (OCSC), anggota kabinet, dan  pejabat teras dari badan-badan pemerintahan, militer, polisi dan pengusaha besar.

Dalam upacara tersebut juga akan dilayangkan doa untuk kesehatan sang raja, yang menurut kabar sedang dalam perawatan disebuah rumah sakit di Thailand . Selain mengucapkan sumpah pada raja, para pejabat pemerintah juga akan mengucapkan sumpah pada kepercayaan yang diajarkan Buddha, dan selamanya akan menjalankan keyakinan tersebut.

Sebelumnya Prayuth juga telah mengirimkan doa, untuk kesehatan raja Bhumibol saat mengunjungi kuil Rama 9. Di kuil itu biasanya raja Bhumibol juga mengirimkan doa untuk Budha dan berterimakasih atas segala yang telah diberikan untuk negara Thailand . Biasanya akan ada upacara penyiraman air suci, agar kesehatan raja tetap bisa terjaga.

Pada kesempatan berbeda, Sekretaris Jendral Parlemen Thailand , Charae Panpruang juga akan memimpin doa untuk kesehatan raja Thailand , bersama-sama dengan anggota parlemen yang lain.

Sementara itu, Suthasri Wongsamarn, Menteri Pendidikan Thailand mengatakan akan melakukan berbagai upacara untuk menghormati hari ulang tahun raja Thailand , yang tahun ini akan mencapai umur 87 tahun.

Direncanakan aka nada 300 sukarelawan yang akan melakukan doa bersama di lima kuil berbeda di Thailand. Dalam acara itu juga akan dikirimkan doa agar pemerintahan dan situasi negara di Thailand tetap dalam kondisi aman dan stabil.

Berbeda di kota Hua Hin di Provinsi Prachubkhirikhan, yang telah mendekorasi kota mereka dengan bendera-bendera nasional dan kerajaan. Upaya dekorasi itu dimaksudkan untuk menghormati hari ulang tahun raja, dimana juga akan diinstalasi jutaan lampu di jalan Phet Kasem. Atraksi lampu-lampu itu akan menjadi simbol pada kepintaran raja.

Di tempat berbeda, sekitar 187 tentara dan anggota kepolisian akan bergabung dengan pelajar, di daerah Chiang Rai. Mereka akan bersama menuju kuil Wat mai Sri Rom Yen di distrik Chiang Kong untuk berdoa bersama pada ulang tahun raja, dan mengirimkan doa keselamatan dan kesehatan, serta umur panjang bagi raja Bhumibol Adulyadej.

Ucapan selamat ulang tahun pada raja Thailand , juga diucapkan berbagai negara dunia. Salah satunya dikirimkan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry melalui surat elektronik. Dalam rilis yang dikeluarkan Kementrian Luar Negeri AS, disebutkan Presiden AS, Barack Obama dan segenap penduduk AS mengucapkan selamat hari ulang tahun kepada Raja Bhumibol Adulyadej yang ke 87, serta juga mengucapkan selamat kepada penduduk Thailand yang merayakan hari jadi negara pada tanggal 5 Desember mendatang.

Menurut Obama, penduduk Thailand dan AS telah bersahabat lebih dari delapan dekade. Meskipun pernah mengalami berbagai hal, namun ia berharap hubungan kekerabatan tersebut tetap terjalin sepanjang masa. Obama juga berdoa agar kesehatan raja Bhumibol tetap terjaga dan memiliki umur yang panjang. (Pattaya News/Asia One/Strait Times/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s