Pertumbuhan Ekonomi Australia Mengecewakan

PERTH – Pertumbuhan ekonomi Australia dilaporkan lebih lemah daripada yang diprediksi sebelumnya, antara bulan Juli dan September 2014. Kelemahan pertumbuhan ekonomi tersebut diklaim lantaran turunnya investasi dibidang pertambangan.

Menurut petugas berwenang di Australia, pertumbuhan ekonomi mereka hanya mencapai 0,3 persen pada kwartal ketiga. Bila dikomparasi dengan pertumbuhan ekonomi tahunan, angka tersebut dianggap sangat kecil.

Prediksi sebelumnya para analis ekonomi berharap ada pertumbuhan sebesar 0,7 persen, dan pertumbuhan tahunan mencapai angka 3,1 persen. Lantaran kecilnya pertumbuhan ekonomi tersebut maka nilai dollar Australia jatuh, menjadi yang terburuk setelah empat tahun terakhir.

Analis mengatakan angka Produk Domestik Kotor (GDP) menunjukan pertumbuhan berada dibawah tren yang seharusnya. Penurunan pada investasi bidang pertambangan dianggap menjadi biang utama rendahnya angka pertumbuhan ekonomi itu. Diperkirakan penurunan ini baru bisa diperbaiki hingga dua tahun kedepan.

“Pertumbuhan GDP Australia pada kuartal ketiga berada dibawah ekspektasi,” ujar Michael McCarthy, analis dari CMC Markets yang berbasis di Sydney, Selasa (2/12/2014).

Menurutnya karena penurunan tersebut maka harga properti dan infrastruktur menjadi tinggi. Namun dari sisi ekspor dan perdagangan memperlihatkan kemungkinan cerah, karena adanya harapan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Evan Lucas, dari IG Markets di Melbourne mengatakan angka pertumbuhan ekonomi Australia yang hanya 0,3 persen pada kuartal ini akan menjatuhkan juga nilai investasi yang telah ada.

“Dengan pertumbuhan GDP yang lemah maka bisa mempengaruhi kelambanan komoditas juga, tampaknya pertumbuhan ekonomi di Australia akan menuju masa yang sulit,” kata Lucas.

Beberapa analis yang lain mengatakan rendahnya pertumbuhan ekonomi tersebut akan memberikan tekanan pada Bank Sentral Australia . Diperkirakan mereka akan menurunkan suku bunga pada tahun mendatang. Seperti diketahui suku bunga dari bank di Australia telah mencapai angka 2,5 persen sejak Agustus tahun lalu. Untuk memperbaiki situasi ini dikabarkan perkumpulan bank di Australia akan mengadakan pertemuan khusus, pada awal bulan Desember 2014. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s