Pertumbuhan Ekonomi AS Lebih Cepat dari Prediksi

WASHINGTON – Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) pada kuartal ketiga ini diberitakan naik cepat, dibandingkan saat kuartal pertama sebelumnya. Kenaikan tersebut berada diatas angka yang diprediksi sebelumnya. Demikian diungkapkan para pejabat dibidang ekonomi kepada jurnalis, Selasa (25/11/2014).

Tingkat pertumbuhan mencapai angka 3,9 persen, antara bulan Juli hingga September. Angka tersebut lebih tinggi dari prakiraan sebesar 3,5 persen, yang diramal oleh Biro Analisis Ekonomi sebelumnya.

 Pertumbuhan tersebut, yang juga terjadi pada kuartal kedua, berarti menunjukan AS telah memiliki dua kuartal dengan nilai pertumbuhan ekonomi terbaik pada dekade ini. Diperkirakan penghematan yang dilakukan para konsumen, menjadi kunci kenaikan pertumbuhan tersebut.

Menurut kalkulasi, pertumbuhan penghematan konsumen mencapai angka 2,2 persen. jauh berada diatas perkiraan sebelumnya yang diperkirakan hanya akan mencapai angka 1,8 persen.

Penghematan dari konsumen ini kalau diperhitungkan dengan detail, memiliki proporsi hingga 70 persen pada nilai Produk Domestik Kotor (GDP).

Padahal sebelumnya banyak analis mengatakan pertumbuhan ekonomi AS akan berjalan lambat. Mengingat pada awal tahun, saat salju menghantam, maka akan menurunkan tingkat laju ekonomi.

Secara umum analis  hanya memperkirakan pertumbuhan sebesar 2,2 persen setahun, yang setara dengan nilai pertumbuhan pada tahun 2013 lalu.

“Pertanyaan tentang akselerasi ekonomi dan bidang lain sudah tak perlu dijawab jalgi. Dengan pertumbuhan seperti ini, secara definitif ekonomi telah terakselerasi,” kata Dan Greenhaus, Kepala Strategis di BTIG.

Sementara itu pada survey yang berbeda, memperlihatkan pertumbuhan ekonomi AS telah mencapai lebih dari yang diharapkan. Pada indeks yang dikeluarkan S&P/Case Shiller menunjukan angka pertumbuhan naik 4,9 persen tiap tahun. Indeks tersebut juga menyertakan nilai penjualan rumah keluarga di 20 kota berbeda AS. Angka penjualan rumah atau property juga menunjukan peningkatan 0,3 persen tiap bulan.

“Dengan nilai ekonomi yang lebih baik dari tahun lalu, diperkirakan pada tahun 2015 nanti nilai property akan stabil menuju lebih baik,” kata David Blitzer, Kepala Komite Indeks di S&P Dow Jones Indices.

Sementara Paul Dules, pengamat ekonomi dari Capital Economics mengatakan tingginya GDP, akan meningkatkan minat investasi pada awal kuartal tahun mendatang. Diperkirakan hingga Maret 2015, tingkat investasi akan terus mendaki. Yang mana hal tersebut merupakan sesuatu hal yang lebih baik, ketimbang pertumbuhan hanya berjalan lamban saja. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s