Menteri Pertahanan AS Mengundurkan Diri

chuck-hagel-tries-to-win-back-some-friends-in-israel

dok. businessinsider.com

NEW YORK – Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat (AS), Chuck Hagel akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya Senin (24/11/2014). Ia mengundurkan diri setelah menjalani tugas tersebut selama dua tahun lamanya.

Menurut Presiden AS, Barack Obama dalam pernyataan tertulis menerima pengunduran diri tersebut dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas integritas dan pelayanan kelas tinggi yang diberikan Hagel selama ini.

Hagel (68) merupakan veteran perang Vietnam dan mantan senator AS dari pihak Republik. Pada saat pengunduran diri Hagel menyatakan merasa senang setelah menjalani tugas besar selama ini.

Salah satu tugas yang belum selesai dilakukan Hagel merupakan konflik di Timur Tengah, yang melibatkan negara Suriah dan organisasi Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS). Sementara satu bulan sebelumnya, diperkirakan Hagel akan dipertahankan hingga konflik tersebut usai.

Salah satu sumber terpercaya dari Associated Press (AP) menyebutkan kalau Hagel dan Obama sama-sama tertekan atas krisis yang terjadi di Timur Tengah. Mereka juga ditekan untuk mencari pengganti baru Hagel, lantaran dianggap tak mampu menyelesaikan krisis tersebut.

Sumber tersebut juga menyatakan kalau proses pengunduran diri Hagel, telah dibicarakan selama berminggu-minggu. Menurutnya Obama telah siap menerima pengunduran diri Hagel, dan memberikan prioritas waktu agar Hagel bisa segera menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut.

Menurut Obama , AS seharusnya merasa berterima kasih karena memiliki Hagel. Sebab pandangan kritisnya pada kondisi militer AS saat ini, jelas mempengaruhi berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan.

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan, Hagel menyatakan telah menjalani tugas sebagai Sekretaris Pertahanan AS dengan sebaik-baiknya. Ia juga merasa berterima kasih pada bantuan dari pegawai di Departemen Pertahanan AS selama ini.

Hagel sebelumnya menjalani tugas sebagai senator dari negara bagian Nebraska , selama 12 tahun. Kemudian ia menjadi pusat perhatian karena pandangan-pandangan kritisnya pada masalah yang berhubungan dengan krisis, yang melibatkan AS dan Irak di Timur Tengah.

Ia kemudian menggantian Leon Panetta, sebagai Sekretaris Pertahanan AS pada kabinet periode kedua dibawah kepemimpinan Obama. Tugas utamanya menyelesaikan keterlibatan AS pada krisis di Afghanistas dan membuat demarkasi militer baru di Asia .

“Pemimpin selanjutnya di Departemen Pertahanan AS akan memiliki fokus sendiri,” tambah Obama.

John Mc Cain, senator dari kubu Republik menanggapi masalah tersebut bilang kalau Hagel merasa frustrasi dengan administrasi kebijakan keamanan nasional dan proses pengambilan keputusan.

Meskipun Obama belum menunjuk pengganti Hagel, namun diperkirakan beberapa calon kuat akan segera diumumkan pada waktu dekat ini. (BBC/Xinhua/New York Times/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s