Biaya Kesehatan Kegemukan Setara Perokok

LONDON – Biaya kesehatan para penderita kegemukan, disebut sama dengan para perokok. Bahkan penderita kegemukan lebih mahal dari para pecandu alkohol, ungkap McKinsey Global Institute dalam laporan terbaru mereka yang dikeluarkan Senin (24/11/2014).

Diperkirakan biaya kesehatan untuk para penderita kegemukan mencapai 1,3 miliar pound sterling. Harga tersebut sama dengan 2,8 persen nilai aktivitas ekonomi Inggris yang mencapai 47 miliar pound sterling pada tahun 2013.

Hingga kini diperkirakan ada 2,1 miliar orang di dunia menderita kegemukan. Jumlah tersebut sama dengan 30 persen dari total populasi manusia di bumi. Namun sayangnya para penderita kegemukan memberikan biaya tersebut pada pemerintah untuk menanganinya.

Dalam laporan itu juga disebutkan penderita kegemukan akan mencapai setengah dari populasi manusia, pada tahun 2030 nanti, bila tak segera diselesaikan masalahnya. Jumlah sebanyak itu bisa menambah pembengkakan biaya kesehatan, dan jelas merusak perputaran ekonomi  karena akan banyak orang sakit, menunda pekerjaan dan kehilangan faktor produksi.

“Kenyataan ini menunjukan perlunya upaya lebih untuk penanggulangan dan perbaikan lingkungan,” urai laporan tersebut.

Dengan upaya perbaikan maka diperkirakan sejumlah dana 760 juta poundsterling bisa dihemat. Menurut Pusat Jasa Kesehatan Nasional Inggris, orang yang menderita kegemukan memiliki berat indeks massa tubuh mencapai lebih dari 40. Sementara kalau kurang dari 18,5 maka bisa disebut kurus.

Dari laporan tersebut juga dikatakan perbaikan dari makanan jadi dan reformulasi ulang dari makanan cepat saji bisa menjadi prioritas penanggulangan kelebihab berat badan. Upaya lain yang bisa dilakukan adalah kampanye publik, program manajemen berat badan dan penyediaan lokasi olahraga yang memadai.

Laporan tersebut juga menyebutkan perlunya konklusi strategi untuk kelebihan berat badan, karena proporsinya telah mencapai tahap krisis. Bahkan resiko kelebihan berat badan disinyalir telah menambah beban kesehatan lain, seperti serangan jantung, diabetes dan kanker.

Alison Tedstone, Kepala Bagian Nutrisi dari Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE) menyebutkan kalau laporan tersebut sangat berguna untuk kelangsungan debat mengenai kegemukan.

“Menurut kami metode pendidikan yang lebih simpel seperti yang sekarang dilakukan, tak bisa menangani masalah tersebut,” kata Alison.

Lebih lanjut Alison mengatakan partisipasi banyak pihak juga diperlukan untuk menangani masalah ini. Sebab masalah kegemukan tak hanya disebabkan satu orang saja, namun berkaitan dengan hal lain seperti kebijakan pemerintah, produk industri dan pandangan sosial. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s