Peru Investigasi Kematian Massal 500 Singa Laut

dead_sea_lions

dok. sott.net

LIMA – Pemerintah Peru berencana menginvestigasi kematian mendadak 500 singa laut, yang mereka temukan dipantai utara, Minggu (23/11/2014). Isu yang beredar kematian missal singa laut tersebut disebabkan racun yang disebarkan nelayan.

Penggunaan racun untuk mendapatkan ikan, diketahui memang masih kerap digunakan nelayan Peru. Sementara singa laut sering datang ke pantai wilayah Peru, untuk mencari makanan. Namun, kepolisian Peru masih mencari kemungkinan penyebab kematian yang lain, termasuk karena wabah penyakit dan pencemaran yang disebabkan sampah plastik.

Kebanyakan singa laut mati ditemukan pada daerah pantai Anconcillo, di region Ancash. Menurut informasi yang dibuat kantor berita Peru, Andina, singa laut yang mati bervariasi mulai dari yang muda hingga yang berumur tua.

Untuk menghindari tercemarnya air laut dan menyebarkan wabah penyakit, singa laut yang mati tersebut kini sebagian besar sudah diangkat dari laut. Lokasi kematian itu sendiri berada di jarak 400 kilometer (km) dari ibukota Peru, Lima

_79218437_peruancash24641114

dok. bbc.co.uk

Awal bulan ini, kejadian serupa juga terjadi di daerah utara, tepatnya di region Piura. Dimana pada saat itu ditemukan kematian massal 200 satwa laut. Termasuk didalamnya singa laut, lumba-lumba, dan penyu laut yang terseret hingga ke pantai.

Hingga kini petugas setempat masih melakukan investigasi, untuk mencari tahu penyebab kematian massal itu.

Pada tahun 2012, ratusan lumba-lumba juga ditemukan tewas, dan terseret arus hingga terdampar di garis pantai Peruvian. Klub pecinta lingkungan Orca memperkirakan penyebab kematian ada suara yang terlalu bising, dan dorongan arus ledakan yang berasal dari aktivitas eksplorasi minyak di area tersebut.

Namun pemerintah, melalui laporan dari Institut Maritim Peru (Imarpe) tidak menyertakan penyebab kematian karena eksplorasi minyak. Tidak juga menyebut penyebab kematian karena infeksi dari virus atau bakteri. Namun laporan tersebut menyebutkan penyebab kematian adalah karena sistem alami bumi yang normal seperti itu. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s