Malaysia Potong Subsidi BBM

KUALA LUMPUR – Malaysia berencana akan memotong subsidi bahan bakar minyak mulai bulan Desember 2014. Diharapkan dari kebijakan tersebut miliaran dollar bisa diselamatkan dan mengurangi defisit fiskal mereka.

Menyusul kebijakan tersebut, maka menurut pemerintah harga bahan bakar minyak akan mengalami penyesuaian. “Jika harga pasar minyak mentah naik, maka harga retail bensin jenis RON 95 dan diesel akan naik juga, dan mengikuti juga yang lain,” kata Menteri Perdagangan Domestik, Kerjasama dan Konsumerisme, dalam pernyataan tertulisnya.

Kebijakan tersebut dianggap mengikuti tetangganya, Indonesia yang baru-baru saja menaikan harga bahan bakar minyak hingga 30 persen, dari harga sebelumnya. Diperkirakan dari kebijakan tersebut akan menghemat uang negara hingga US$ 8 miliar pada tahun depan.

Malaysia merupakan negara peringkat ketiga kekuatan ekonomi Asia Tenggara. Mereka telah menaikan harga bahan bakar minyak pada bulan Oktober 2014 lalu. Namun akhirnya tetap merencanakan akan menghemat uang negara sebanyak US$ 6 miliar pada hitungan subsidi tahun depan.

Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak mengatakan sedang mencari cara agar defisit fiskal sebesar 3,5 persen, bisa disesuaikan pada tahun 2020. Ia meluncurkan kebijakan tersebut dengan dikombinasikan bersama kebijakan kenaikan pajak dan penghematan pengeluaran pemerintah.

Diperkirakan dengan kebijakan baru ini akan menurunkan angka popularitas Najib Razak. Banyak pihak yang menyarankan agar pemerintah lebih berupaya untuk mengurangi korupsi, ketimbang menaikan harga bahan bakar minyak. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s