100 Tahun Tak Melihat Laut

TENNESSEE – Seminggu sebelum Ruby Holt berumur 101 tahun, akhirnya bisa juga ia melihat laut. Ratusan umur tahun hidupnya habis untuk kesibukan di peternakan pedalaman Tennessee, Amerika Serikat (AS). Ruby bekerja sebagai pengambil kapas dan tak pernah punya uang lebih untuk pergi ke pantai.

“Saya pernah mendengar orang membicarakan laut, menceritakan bagaimana bagusnya laut, dan sangat membuat ingin pergi melihat laut juga, tapi saya tak pernah punya kesempatan untuk melakukan itu,” kata Ruby, kepada kantor berita BBC, Jumat (21/11/2014).

Sekarang ia mendapatkan biaya gratis untuk pergi ke pesisir Meksiko. Dana yang diperoleh Ruby merupakan bagian dari program organisasi Wish of Lifetime. Kebanyakan bantuan dari organisasi tersebut memang membidik kalangan lanjut usia. Untuk meraih harapan mereka pada satu hal yang tak pernah diraih sebelumnya.

Mark Davis, Direktur Eksekutif Brookdale’s Sterling House dimana Ruby tinggal saat ini mengatakan ada dua pegawai mereka yang mendaftarkan nama Ruby dalam daftar permohonan kepada organisasi Wish of Lifetime. Disitu dijelaskan kalau Ruby sangat ingin melihat melihat laut, karena tidak pernah merasakan pengalaman itu setelah seratus tahun hidup dijalaninya.

“Kabarnya mereka bermain perang senjata air disana, di pantai, dan dia selalu berkata kepada perawat gadis yang menemaninya kalau ia belum pernah melihat laut,” kata Mark.

“Saat berada dikamar sehari sebelumnya ia masih terus kepikiran bagaimana menggambarkan laut, dan kau tahu ekspresi mukanya saat benar-benar melihat laut. Ia terlihat tak mampu berkata-kata,” tambah Mark lagi.

Ruby memiliki empat anak dan tinggal di Giles County, Tennessee, AS. Ia mengatakan terlalu sibuk di perkebunan, belum lagi bekerja sebagai pembuat baju. Selain itu juga katanya keluarnya selalu tak memiliki uang lebih. Sehingga mereka sekeluarga tak pernah bisa melihat laut.

Tempat terdekat untuk pergi ke laut dari lokasi hidupnya sebenarnya tak bisa dibilang dekat juga. Sehingga untuk pergi keluar dari Tennessee saja mungkin jarang sekali. Untuk mencapai laut terdekat ia harus menempuh jarak 400 mil. Sama saja seperti sejauh London ke Glasgow.

Dengna menggunakan alat bantu jalan di pasir, akhirnya Ruby merasakan juga hangat pasir ditelapak kakinya. Hanya satu ucapan Ruby setelah ia mencelupkan kakinya ke laut, “Kita tak memiliki yang seperti ini di Giles County.” (BBC/sulung prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s