Pendapatan Manchester United Turun

LONDON – Klub sepak bola Inggris, Manchester United (MU) mengalami penurunan pemasukan sebesar 9,9 persen, pada seperempat paruh pertama musim ini. Penurunan tersebut diklaim lantaran absennya klub tersebut pada kejuaraan Liga Champion Eropa musim 2014/2015 ini.

Padahal kegagalan tersebut merupakan pertama kalinya diterima MU, setelah 18 tahun terus berjaya dalam kancah sepak bola Inggris. Penurunan dikabarkan lantaran makin sedikitnya pemasukan dari siaran media, serta penurunan dari penonton saat pertandingan dan pemasukan komersial.

Penurunan sebesar hampir 10 persen tersebut, kira-kira senilai dengan 9,8 juta pound sterling pada tiga bulan pertama hitungan financial tahunan. Sementara pemasukan berkurang sebanyak 21,8 persen, dan pemasukan dari siaran langsung turun sebanyak 13 persen.

Menurut keterangan yang diberikan pemilik klub, penyebab penurunan pemasukan disebabkan karena tidak berpartisipasinya klub tersebut dalam Liga Champion Eropa. Secara umum, pemilik klub menjelaskan penurunan terjadi juga karena adanya pemutusan hubungan iklan, dengan perusahaan Nike hingga sebesar 5,2 persen.

Untuk menghadapi situasi tersebut, menurut rencana gaji para pemain juga akan diturunkan sebanyak 6,6 persen. Kondisi tersebut juga merefleksikan klub tersebut tak akan mengeluarkan bonus akhir tahun, hingga kualifikasi kompetisi Eropa berakhir.

Sebuah sumber dari klub MU mengatakan kondisi penurunan pemasukan yang terjadi sekarang ini jauh diluar ekspektasi pasar. Namun ia mengingatkan bila MU berhasil masuk Liga Champion Eropa musim depan, maka akan ada pemasukan sebesar 362 juta pound sterling. Sebuah nilai yang lebih baik ketimbang sebelumnya.

Dibawah kepemimpinan manajer Louis Van Gaal, MU kini berada diperingkat tujuh Liga Premier Inggris. Berada dua tingkat dibawah standar yang dibutuhkan untuk mendapatkan jatah ke Liga Champion Eropa. Sejauh ini MU belum menunjukan perform yang pantas untuk mencapai harapan tersebut.

MU juga banyak mengeluarkan uang saat membeli pemain seperti Angel di Maria, yang mencapai angka 62 juta pound sterling. Namun menurut Direktur Eksekutif MU, Ed Woodward nilai tersebut sebenarnya tak signifikan mengganggu pendanaan MU tahun ini.

“Kami tak mencari pasar untuk jangka pendek pada bulan Januari, namun kami harus memiliki target pada akhir musim, agar kami bisa bergerak lebih baik, tapi sepertinya harapan tersebut probalitasnya sangat rendah,” kata Woodward.

Namun menurut Woodward para calon investor bisa melihat prospectus jangka panjang. Seperti pertumbuhan komersialisasi sepak bola di Amerika Serikat (AS), dan naiknya jumlah peminat pendukung MU di AS yang bisa dijadikan pasar. Selain itu menurut Woodward, perbaikan anggaran di MU juga akan mendapatkan dana segar di perusahaan Adidas. Dimana mereka akan segera meneken kontrak selama 10 tahun, dengan kompensasi bagi MU sebesar 750 juta pound sterling. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s