Milyuner Brasil Beli Gedung Gherkin

Gedung Gherkin, salah satu bangunan paling menarik di deretan pencakar langit kota London , Inggris berpindah tangan kepemilikan pada Senin (10/11/2014). Miliuner Brasil, Joseph Safra mengambil alih kepemilikan gedung tersebut dengan biaya mencapai 700 juta poundsterling.

“Akuisisi pemilikan gedung yang berada di jalan 30 St Mary Axe itu konsisten dengan strategi investasi properti kami,” kata pernyataan dari Safra Group melalui situs internet.

Gedung Gherkin berada dipusat kota London , dengan ketinggian mencapai 180 meter. Gedung itu dibuat pada tahun 2004 oleh perusahaan Swiss Re. Didesain oleh arsitek kenamaan Norman Foster.

Kemudian pada tahun 2006, gedung tersebut dijual dengan harga mencapai 600 juta poundsterling, kepada Germany IVG Immobilien dan Evan Randall Group. Sebelum akhirnya berpindah tangan kepada Safra Group dengan harga yang lebih tinggi saat ini.

Sebenarnya selain Safra Group, ada perusahaan lain yang juga menaruh minat untuk membeli gedung berbentuk bulat telur tersebut. Salah satunya adalah Savills and Deloitte Real Estate. Namun keinginan tersebut tertunda karena ketidakcocokan harga dengan pemilik sebelumnya.

“Gedung ini hadir di London dengan keunikan tersendiri, juga dengan potensi nilai pertumbuhan yang sangat bagus. Kami akan membuat gedung ini makin baik dan makin bergairah untuk mendapatkan keuntungan selayaknya dari para penyewa ruangang,” tambah penjelasan dari Safra Group.

Swiss Re yang pernah memiliki gedung itu, dinyatakan tetap akan memiliki ruang disana. Mereka akhirnya menyewa ruangan seluas 50.000 meter persegi untuk dijadikan kantor, bersama dengan penasihat hukum Kirkland & Ellis.

Struktur gedung itu sendiri bisa bernilai hingga 138 juta poundsterling. Berada tak jauh dari bursa saham Baltic yang pernah dibom gerilyawan pemberontak Irlandia, IRA pada tahun 1992. Tiga orang tewas pada saat kejadian pemboman itu.

Gedung itu juga dikenal sangat ramah lingkungan, karena didesain dengan memanfaatkan sinar matahari secara maksimal. Dilengkapi juga dengan ventilasi dan menggunakan 50 persen energi lebih kurang dari jenis gedung serupa.

Masing-masing lantai berdinding miring hingga lima derajat, dari bangunan didasarnya. Lapisan luar gedung dibingkai kaca berwarna biru, dan berbentuk serupa setengah telur, hingga ke puncak menara gedung.

Gedung Gherkin juga pernah mendapatkan penghargaan dari British Architects Stirling pada tahun 2004. Penghargaan diberikan pada karya arsitektur yang dianggap elegan dan impresif.

Safra Group sendiri menjalankan bisnis perbankan. Daerah cakupan bisnisnya mencapai utara dan selatan Amerika, Eropa, Timur Tengah dan Asia . Diperkirakan Safra Group sekarang memelihara asset mencapai US$ 200 miliar. Sementara pemilik Safra Group, Joseph Safra diperkirakan memiliki kekayaan sekitar US$ 15 miliar. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s