Mexico Batalkan Kerjasama Pembuatan Rel dengan Tiongkok

Meksiko secara sepihak membatalkan kontrak pembuatan rel kereta dengan perusahaan China Railway Construction Corp (CRCC), Minggu (9/11/2014). Proyek yang digagalkan tersebut bernilai US$ 3,75 miliar.

Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto mengatakan pembatalan terjadi karena proses tender, tidak dijalankan dengan legitimasi dan transparansi. Menurut rencana Nieto akan mendatangi Tiongkok pekan depan, untuk menjelaskan masalah tersebut.

Menurut rencana lintasan rel kereta api baru akan dibangun sepanjang 130 mil. Lintasan tersebut akan menghubungkan ibukota Mexico City hingga Queretaro . Pembuatan rel tersebut diharapkan bisa meningkatkan ekonomi, dan dirancang bisa mulai digunakan pada tahun 2017.

Gerardo Ruiz Esperanza, Menteri Transportasi Mexico mengatakan presiden menginginkan proyek ini harus jelas sepenuhnya. Ia tak ingin ada pertanyaan yang diajukan kemudian hari, karena proyek tersebut teramat penting bagi masyarakat.

“Kami mengharapkan kembali partisipasi pembuat kereta lain, untuk mengikuti tender baru mengenai proyek ini,” kata Gerardo.

Pembukaan tender baru menurut penjelasan Gerardo akan dilakukan pertengahan November mendatang, dan akan dibuka selama enam bulan.

Menurut penjelasan Gerardo, kontrak dengan CRCC yang dibatalkan lantaran tak adanya kompetitor lain yang mampu menawarkan harga dalam tender terakhir. Perusahaan lain seperti Germany Siemen, Canada Bombardier, France Alstom dan Japan Mitsubushi mengatakan kekurangan waktu mempersiapkan proposal yang dibutuhkan. Menurut laporan yang beredar, ketiga perusahaan tersebut telah diminta untuk mempersiapkan proposal mereka, namun permintaan tersebut tak terpenuhi. Hanya pihak CRCC dan partner dari Mexico yang memasukan proposal pada akhir batas penyerahan, 15 Oktober 2014.

Menurut pemerintah, pihak CRCC bisa saja mengajukan kompensasi kerugian atas pembatalan tersebut, karena sebenarnya telah melakukan berbagai upaya sesuai ketentuan.

Di lain pihak, CRCC dalam pernyataan yang dikeluarkan Minggu menyatakan rasa terkejut yang tak terkira karena pembatalan tersebut. Kini mereka sedang menyiapkan tim hukum untuk meminta penjelasan mengenai keputusan tersebut. CRCC juga akan mempertanyakan kelanjutan proyek tersebut dimasa datang.

“Itu merupakan tanggung jawab sepenuhnya pihak Mexico bila ingin membatalkan kontrak. Tak ada kaitan dengan perusahaan kami. Sekarang kami sedang melihat perkembangan baru,” kata pernyataan CRCC melalui kantor berita Tiongkok, Xinhua.

Jalur yang akan dibuka sebenarnya merupakan jalur lama yang kembali dibuat kembali. Jalur rel tersebut akan menuju ke utara, dari Mexico City ke kota Queretaro . Menurut pemerintah Mexico mereka masih membuka kesempatan CRCC untuk mengajukan kembali proposal mereka, pada proses tender yang baru dibuka kembali. (BBC/Xinhua/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s