Pemburu UFO Prancis

ufo perancisRibuan penampakan pesawat asing tak dikenal (UFO) dilaporkan ada tiap tahun. Tapi tak banyak negara yang mau menyisihkan dana untuk menginvestigasi mereka. Hanya ada satu negara yang sepertinya benar-benar berdedikasi melakukan hal itu di Eropa. Apakah Prancis berkendak menuju sesuatu?

Kita tak memerlukan mesin pengatur waktu, untuk mengunjungi Pusat Antariksa Prancis di kota Toulouse . Meskipun memiliki bangunan agak bergaya Uni Soviet lama, namun lembaga tersebut kadung menjadi kepercayaan masyarakat, terutama untuk urusan makhluk asing dari luar teritori bumi.

Prancis sendiri memiliki organisasi Badan Antariksa terbesar di Eropa. Badan tersebut merupakan hasil dari aktivitas perang bintang, yang sempat terjadi di daratan Eropa dan Amerika, pada tahun 1960. Presiden Prancis kala itu, Charles de Gaulle’s menunjukan dominasi kemampuan luar angkasa Prancis melalui pembuatan satelit sendiri, roket peluncur dan pusat penelitian luar angkasa.

Keseriusan Prancis dalam mengamati angkasa tak berhenti sampai disitu saja. Bahkan Prancis kemudian mengembangkan departemen khusus untuk mengamati UFO. Dulu pernah ada departemen serupa itu di Inggris dan Swedia. Namun kemudian ditutup karena kekurangan dana.

Prancis malah mempertahankan hal itu. Dengan empat staf, dan lusinan sukarelawan, departemen tersebut bertahan dengan dana yang didapat dari anggaran negara. Sementara sukarelawan mendapatkan bantuan melalui program turun lapangan, untuk menginvestigasi orang-orang, dan memperhatikan langit pada saat-saat tertentu.

Tim tersebut dikenal di Prancis dengan nama Geipan. Kata tersebut merupakan akronim dari bahasa Prancis yang berarti Grup Studi dan Informasi untuk Fenomena Angkasa yang Tak Teridentifikasi. Pemimpin kelompok itu sekarang Xavier Passot. Ia bekerja disebuah ruang penuh dengan buku mengenai UFO, dan tumpukan dokumen. Passot mengatakan misinya adalah menyediakan data setransparan mungkin untuk penampakan aneh di angkasa dan mengikuti keberlanjutan dari berbagai data yang diterima tim tersebut.

Kelompok itu kemudian akan mempublikasikan data yang diterima dalam halaman daring internet, yang mereka miliki. Kini halaman daring internet mereka, bisa dikunjungi sampai 30.000 orang per bulan. Secara umum, tim ini bisa mendapatkan data dua penampakan UFO setiap harinya.

Seperti biasa prosedur yang harus dijalankan bagi para pelapor, mengisi formulir sebanyak 11 halaman, serta menyertakan foto bila ada. Bila kemudian ada pelapor yang memberikan data, tim tersebut kemudian akan melakukan pelacakan pada kemungkinan lintasan pesawat udara domestik terlebih dahulu. Sebab banyak kemungkinan, penampakan yang dilihat orang-orang sebenarnya hanya pesawat biasa.

Kemungkinan juga bisa dikembangkan pada lintasan pesawat militer. Sehingga diperlukan koordinasi dengan sistem militer setempat, dan pusat pengamat lalu lintas bandara.

Bilamana ada data-data yang mirip dengan laporan sebelumnya, maka diperluka upaya polisi untuk memastikan. Mana laporan yang pernah dilakukan sebelumnya, mana yang diperkirakan merupakan data baru.

ufo prancis2

Sebuah penampakan aneh berbentuk bulatan di atas langit kota Marseille, Prancis sempat terekam kamera. (BBC)

Cek terhadap data baru juga dilakukan terhadap tetangga orang yang melaporkan. Tetangga tersebtu akan ditanyai mengenai kemungkinan orang yang melapor dalam kondisi mabuk, atau memiliki perilaku suka mabuk dan aneh-aneh. Tetangga juga akan ditanyai apakah saat sebelum orang yang melapor melihat penampakan aneh di angkasa, ia tidak baru saja meminum minuman keras, atau menghisap ganja.

“Banyak orang yang melaporkan sesuatu ternyata pernah menghisap ganja, atau baru keluar dari bar minum-minum dan berkesempatan melihat-lihat angkasa saat pulang ke rumah,” kata Passot.

Salah satu data yang paling menarik ditunjukan Passot. Foto tersebut merupakan hasil jepretan seorang pilot Prancis yang sedang melakukan tugas mengamati angkasa Prancis, pada tahun 1950. Pada foto itu terlihat lingkaran cahaya aneh berada diatas rumah-rumah warga.

Banyak kontroversi dari foto tersebut. Sebagian besar yang percaya, lingkaran tersebut adalah pesawat luar angkasa milik makhluk lain yang hidup diluar bumi. Namun ada pendapat yang mengatakan kalau lingkaran tersebut hanya pantulan dari sinar yang ada pada kaca mobil belaka.

Tapi secara fakta, tak ada orang yang ada saat itu mengakui adanya pesta pada saat foto dibuat. Tak ada juga aktivitas orang-orang Tiongkok yang senang melepaskan lampion di angkasa. Sementara bila menengok data orang-orang yang ditanyai usai kejadian, mengatakan tak ada pesta perkawinan terjadi saat foto itu dibuat.

Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi. Kadang balon dan layang-layang dipersepsikan serupa dengan UFO. Bahkan sampah angkasa atau meteor yang jatuh ke bumi, juga disangka manusia sebagai objek angkasa misterius.

Yang jelas, terakhir ada 400 penampakan yang dianggap sebagai UFO, tak dapat dijelaskan dengan akal benar terbukti. Salahsatunya adalah lokasi pendaratan pesawat di Aix-en-Provence pada tahun 1981. Dimana banyak saksi mata yang melihat, dan lokasi pendaratan juga benar memperlihatkan bukti.

Jadi apakah benar manusia tak sendiri di jagad ini? Pertanyaan yang terus dilontarkan selama berabad-abad lamanya. Terlepas dari benar atau tidaknya beberapa peristiwa tersebut, paling tidak pemerintah Prancis tetap mempertahankan fasilitas bagi warga negaranya. Menyediakan tujuan telepon bagi warga negara yang merasa harus diperhatikan, karena merasa melihat hal aneh, saat menengok angkasa pada malam hari. (BBC/Sulung Prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s