WTC Dibuka Kembali

Setelah 13 tahun ditutup karena hancur karena serangan pesawat komersil oleh teroris, Senin (3/11/2014) gedung World Trade Center (WTC) di New York kembali dibuka untuk bisnis.

Biaya pembuatan gedung pencakar langit baru WTC diperkirakan mencapai US 3,8 miliar. Perlu waktu delapan tahun untuk menyelesaikannya, dan kini menjadi gedung tertinggi di Amerika Serikat (AS).

Menurut informasi 60 persen biaya pembangunan dari gedung itu merupakan pinjaman, dan Administrasi Jasa Publik Pemerintah AS telah memesan bagian gedung seluas 275.000 meter persegi (m2).

“Gedung pencakar langit tertinggi di New York telah berdiri kembali,” kata Patrick Foye, Direktur Eksekutif Otorita Pelabuhan AS yang menjadi penanggung jawab pembangunan kembali gedung tersebut.

Menara gedung setinggi 541 meter kini berdiri ditengah lokasi tragedi 9/11 dahulu. Termasuk dibagian itu ada peninggalan dari gedung yang lama dan museum, yang akan dibuka akhir tahun ini.

Menurut penjelasan Foye, ada ruang terbuka di bagian atas, yang akan bisa menjadi lokasi pengamatan pada daerah diluar gedung. “Gedung ini akan menjadi lokasi teraman diseluruh penjuru AS,” tambah Foye.

Firma TJ Gottesdiener, Owing & Merril yang menjadi pembuat desain terakhir gedung WTC baru ini mengatakan telah memperbaiki kekurangan yang ada pada gedung lama. Termasuk mengganti sistem dinding dan rangka gedung, dengan besi yang digabung bersama beton.

Sekitar 170 pegawai dari perusahaan Conde Nast akan pindah ke gedung baru itu minggu ini. Mereka akan mulai memenuhi lima lantai disana, dan menjadi penghuni baru pertama di gedung tersebut. Menurut rencana Conde Nast akan memenuhi gedung tersebut dengan 5.000 pegawai mereka, pada awal tahun 2015 mendatang.

Ruang kosogn juga telah dipesan oleh perusahaan iklan seperti Kids Creative, GSA. Sementara China Center telah memesan ruang sekitar 191.000 m2, untuk ruang jualan dan pameran budaya.

WTC sebelumnya salah satu pusat bisnis penting di AS. Dengan dua menaranya, menjadi andalan perkembangan ekonomi di AS. Sayangnya kemudian kedua gedung pencakar langit itu runtuh, setelah dua pesawat komersil yang dibawak teroris menabrakan diri digedung tersebut. Setidaknya 2.700 orang tewas pada kejadian tersebut. (BBC/AFP/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s