Ponta Kandidat Kuat Pemimpin Rumania

Hitung cepat pemilihan umum (pemilu) putaran pertama Rumania, Minggu (2/11) menunjukan mantan Perdana Menteri (PM) Victor Ponta, mendapatkan suara tertinggi dengan nilai sebesar 41,5 persen. Ponta melewati saingan terdekatnya, Klaus Iohannis yang mendapatkan 32,1 persen suara.

Sementara itu kandidat lain berada dibelakang dua kandidat utama tersebut. Masing-masing dari mereka mendapatkan tidak lebih dari 6 persen suara rakyat Rumania . Berdasarkan peraturan pemilu setempat, maka Ponta dan Iohannis akan menjalani putaran selanjutnya dengan saling berhadapan langsung. Direncanakan putaran berikutnya akan dilangsungkan 16 November 2014 mendatang.

“Setelah berada dijalur yang sulit disenangi selama beberapa tahun terakhir ini, kini kita butuh memulai jalur baru. Peningkatan kapasitas dialog dan bekerja bersama harus menjadi aturan khusus dan tanpa pengecualian,” kata Ponta (42), yang berasal dari kubu Aliansi Sosial Demokrat.

Disisi lain, Iohannis (55) yang juga Gubernur kota Sibiu mengingatkan para pemilih kalau hanya kandidat yang cocok bisa memenangkan kompetisi pemilu kali ini. Kandidat tersebut harus menjamin kemerdekaan pengadilan dan penegakan hukum.

Pemilu presiden kembali diselenggarakan di Rumania , pada Minggu. Dalam pemilu kali ini total ada 14 kandidat yang mengajukan diri sebagai calon presiden. Pemilu di Rumania dilakukan tiap lima tahun sekali, dengan kali periode kesempatan untuk kembali memimpin. Baru mantan Presiden Traian Basescu yang mampu dua kali menjadi pemimpin secara berturut, pada tahun 2004 dan selanjutnya 2009.

Rumania kini dikenal sebagai negara kedua termiskin di Uni Eropa (UE). Mereka baru bergabung dengan pada tahun 2007. selain itu Rumania juga dikenal sebagai salahsatu negara dengan tingkat korupsi tertinggi, menurut lembaga Transparency International.

Salah satu pemilih di Rumania mengatakan pemilu kali ini tampak agak berbeda. Namun ia percaya politik bisa menampilkan wajah lebih baik, dan memperbaiki Rumania .

“Kami akan hidup dengan lebih baik,” kata Marin Tudose (48). “Karena sejauh ini memang sudah terjadi seperti itu,” tambahnya.

Pemilih lain bernama Elena Pascu mengatakan agar pemilihan umum juga bisa memberi kesempatan kepada calon pemimpin muda baru. Ia berharap pada putaran berikutnya pemimpin yang terpilih akan lebih bertanggung jawab memperbaiki kondisi negara.

Ponta sendiri merupakan mantan pemimpin Rumania , yang kembali mengajukan diri. Ia sebelumnya berhasil mengalahkan mantan Presiden Basescu pada pemilihan sebelumnya. Ponta sebelumnya dikritisi Basescu karena dianggap sebagai mata-mata negara lain.

Di sisi para pemilih Iohannis, banyak yang berasal dari kalangan minoritas di Rumania . Kebanyakan para keturunan Jerman yang kemudian menetap di Rumania . Mereka berharap Iohannis bisa menjadi wakil baru mereka, dan memperbaiki kehidupan para keturunan tersebut agar mendapatkan perhatian lebih baik dari negara.

Putaran terakhir pemilu Rumania akan dilakukan pada 16 November mendatang. Dua kandidat presiden, Ponta dan Iohannis akan berhadapan langsung. Pemenang akan ditentukan oleh perolehan suara terbesar. (AFP/BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s