Aliran Lahar Ancam Pemukiman Hawaii

lahar hawai2

Kawasan pemukiman di kepulauan Hawai, terancam aliran lahar gunung api Kilauea. Selasa (28/10/2014) sudah ada satu rumah yang terkena aliran lahar. Sementara itu dua jalan besar dan sebuah pemakaman sudah tertutup lahar.

“Kami masih berdoa,” kata Imelda Raras, pemilik rumah yang terdekat dengan aliran lahar. “Saya berdoa agar rumah saya bisa diselamatkan,” katanya.
Gunung Kilauea di Kepulauan Besar Hawai sudah meletus sejak tahun 1983. Aliran lahar keluar dari lubang baru yang tercipta. Namun pihak petugas berwenang disana memutuskan tidak mengevakuasi penduduk yang berada dekat aliran lahar. Sehingga masyarakat diberikan kebebasan untuk menonton lahar.
“Anda dapat membayangkan frustrasi yang harus mereka hadapi, sementara jalan panjang kehidupan masih harus dihadapi,” kata Darryl Oliveira, Direktur Pertahanan Sipil Hawaii .
Raras sendiri mengatakan ia bersama suaminya kini sudah siap untuk meninggalkan rumah. Untuk sementara mereka akan tinggal dirumah teman, bila pemerintah memutuskan memindahkan mereka.
Pada Selasa pagi, petugas mengatakan aliran lahar telah melintasi beberapa kawasan pemukiman di daerah Pahoa. Sekitar 800 orang penduduk didaerah tersebut sudah merencanakan untuk mengungsi, kata Oliveira.
Sepasang kekasih yang juga tinggal di dekat aliran lahar, mulanya sudah pergi ke daerah lain. Namun mereka kemudian kembali untuk mengambil barang-barang yang tertinggal.
Suhu temperatur aliran lahar diperkirakan mencapai 1.000 derajat celcius. Lahar juga menghancurkan semua yang dilewatinya. Sementara jalur aliran lahar sulit diprediksi karena berada di daerah yang luas dan datar.
Kemampuan untuk mengevakuasi warga dengan secepatnya, juga dipenuhi dengan keberuntungan. Pada dekade lalu, juga di Hawai, pemerintah Amerika Serikat (AS) meledakan bom untuk membuat lubang besar baru, dan berharap lahar bisa memenuhi lubang tersebut. Namun upaya tersebut sia-sia, karena banyaknya lahar yang keluar dari gunung api di Hawaii .
“Kita berada di negara sejahtera dengan banyak masalah alam didalamnya,” kata Shannon Nawotniak, pakar gunung api di Hawaii .
“Kadang kita harus membuang waktu sangat lama, sampai aliran lahar benar-benar berhenti,” tambahnya.
peta lahar hawai2

USGS

Luas aliran lahar pada Selasa pagi tambah seluas 55 yards atau sekitar 50,2 meter persegi (m2). Luasan tersebut menambah jumlah sebelumnya yang sudah mencapai 251,5 m2 pada hari Minggu lalu. “Penambahan jumlah luasan yang terkena lahar diperkirakan sekitar 9,2 m2 per jam,” kata Janet Babb, juru bicara dari Pusat Pengamatan Gunung Api Hawaii (Hawaiian Volcano Observatory/HWO).

Menurut Babb, tidak ada ledakan besar yang terjadi, namun bisa membuat batuan berpindah. Lubang kawah baru tercipta Juli lalu, kemudian aliran lahar keluar dan mengancam wilayah pemukiman mulai September 2014. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s