Kelalaian Kriminal Dibelakang Kematian CEO Total

Tim investigasi Rusia mengatakan adanya kelalaian kriminal, menyebabkan terjadinya kecelakaan di salah satu bandara Moskwa. Kecelakaan tersebut, Selasa (21/10/2014) menyebabkan CEO Total E&P, Christophe de Margarie meninggal dunia.

“Kejadian tersebut dapat dibuktikan terjadi bukan karena buruknya kondisi cuaca, yang secara terbuka diajukan pihak bandara sebagai alasan, tapi adanya kelalaian kriminal yang terjadi antara pengawas dan pekerja menjadi pangkal masalah,” kata juru bicara komite investigator, Vladimir Markin.

Kelalaian kriminal yang dimaksud merupakan bukti kalau pengendara mobil pembersih salju yang ada dilintasan, berada dalam keadaan mabuk. Namun kesalahan tak dapat ditumpukan hanya pada pengendara tersebut seorang. Sebab berarti ada kesalahan komando yang dikeluarkan menara pengawas, sehingga sebuah kendaraan bisa aktif bekerja dilintasan pacu, sementara ada pesawat yang akan terbang.

Karena kemungkinan tersebut kini beberapa petugas di bandara diskorsing dahulu dari pekerjaan, menurut Markin. Regulasi transportasi Rusia juga akan melakukan investigasi menyeluruh terhadap penyebab kecelakaan, yang dikatakan semula terjadi karena pandangan yang buruk.

Margerie meninggal setelah pesawat pribadi yang ditumpanginya menubruk mobil pembersih salju dilintasan pacu bandara Vnukovo, Moskwa. Akibat kecelakaan tersebut tiga awak pesawat juga mengalami nasib yang sama. Margerie sendiri merupakan CEO dari perusahaan minyak terkemuka dari Prancis, Total E&P.

“Kami kehilangan seorang pemimpin di industri minyak dan gas yang visioner, seorang

pemimpin besar di Total, seorang tokoh luar biasa yang kaya akan semangat kemanusiaan dan memiliki rasa humor yang tinggi,” ujar Hardy Pramono, Presiden Direktur dan General Manager, Total E&P Indonesie.

Menurut penjelasan dari Total E&P Indonesie, Christophe de Margerie, lahir 6 Agustus 1951 di Mareuil-sur-Lay-Dissais, Vendee, Perancis. Ia bergabung dengan Total setelah lulus dari Ecole Superieure de Commerce di Paris tahun 1974. Ia pernah menduduki sejumlah posisi di divisi Keuangan maupun Eksplorasi & Produksi. Dia menjadi Presiden untuk Total Timur Tengah pada 1995 sebelum bergabung dalam Komite Eksekutif Group dalam posisi sebagai Presiden untuk divisi Eksplorasi & Produksi pada Mei 1999. Kemudian ia menjadi Senior Executive Vice President untuk Eksplorasi & Produksi pada group baru TotalFinaElf yang terbentuk pada tahun 2000.

Pada Januari 2002, dia menjadi Presiden pada divisi Eksplorasi & Produksi. Dia ditunjuk

sebagai anggota Dewan Direksi pada Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 12 Mei 2006 dan menjadi CEO Total pada 14 Februari 2007. Margerie ditunjuk sebagai Chairman dan CEO Total pada 21 Mei 2010.

Akibat dari kejadian tersebut nilai saham dari Total menjadi turun. Pada indeks bursa saham hari Selasa di Paris, Total mengalami penurunan hingga 1,37 persen. (BBC/AsiaChannelNews/AFP/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s