Sarkozy Tersangka Korupsi

sarkozyMantan Presiden Perancis, Nicholas Sarkozy diperiksa hari Kamis (9/10/2014) karena terindikasi melakukan korupsi, pada kasus penjualan helikopter ke negara Kazakhstan. Demikian diungkapkan harian Le Monde dan jurnal investigasi Mediapart.

Kontrak penjualan helikopter terjadi pada tahun 2010. Saat itu Kazakhstan bersedia membeli helikopter dari Perancis, sebanyak 45 buah dengan harga US$ 2,5 miliar. Saat kasus tersebut terendus pada tahun 2012, tersangka diketahui menyetujui klausul penjualan termasuk biaya konsultasi untuk Sarkozy dan asistennya, Claude Gueant sebesar US$ 380.000. Kini dana konsultasi tersebut yang dipermasalahkan sebagai bukti korupsi dan berada dalam proses investigasi.

Dalam kasus itu, Sarkozy juga dianggap terkait dengan penekanan yang dilakukan terhadap pemerintah Belgia. Sarkozy diklaim telah menekan senat Belgia agar melunakan masalah hukum yang dialami para pengusaha Kazakhstan di Belgia. Diperkirakan tekanan terhadap senat Belgia tersebut terkait dengan upaya penjualan helikopter ke Kazakhstan .

Selain kasus ini, Sarkozy juga dihadapkan pada tuntutan terlibat dalam kerjasama serupa, dengan negara Libya dan Pakistan .

Sarkozy sebelumnya mengumumkan niat turun kembali ke gelanggang politik, dan mengajukan diri sebagai Presiden dengan dukungan partai oposisi UMP. Pada pemilihan umum sebelumnya, Sarkozy kalah dari Francois Hollande, yang kini menjadi Presiden Perancis. Sarkozy sendiri pernah menjadi Presiden Perancis sebelum Hollande berkuasa. Setelah kekalahan dari Hollande banyak pengamat memperkirakan Sarkozy akan pensiun dari dunia politik. Namun ternyata Sarkozy memutuskan kembali dengan membawa jargon pilihan politik baru.

“Saya kembali mengejar kursi kepresidengan karena pandangan politik keluarga,” kata Sarkozy.

Selanjutnya ia berharap dalam waktu kurang dari tiga bulan, kondisi baru dan kebersamaan akan terjadi diseluruh Perancis. “Dengan tanpa dukungan, sangat sulit unutk mencapai realitas dari harapan,” tambah Sarkozy.

Minggu lalu, Koran Le Parisien melaporkan kalau Sarkozy berencana menggabungkan dua partai oposisi, yaitu UMP dan UDI. Kembalinya Sarkozy dianggap banyak pihak telah melanggar janjinya sendiri, yang menyatakan bila kalah dalam pemilu 2012, maka tak akan ada orang yang bisa mendengar tentang dirinya lagi.

Mantan perdana mentri PErancis, Alain Juppe dan Fracois Fillon mengatakan tampaknya banyak partai akan mengekor dibelakang Sarkozy. Namun koalisi dari beberapa partai tersebut baru akan bisa terlihat pada bulan November nanti, sesuai dengan janji Sarkozy.

Sarkozy dianggap memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan Hollande. Termasuk pernikahan prestisius dengan model sekaligus penyanyi, Carla Bruni membuat popularitas Sarkozy terus menanjak dimata publik.

Kini masalah korupsi dan penyalahgunaan dana kampanye menjadi batu penghalang yang harus disingkirkan, bila ingin menang dari Hollande yang sebenarnya tak terlalu popular karena dianggap hanya memiliki kepintaran dalam bidang ekonomi saja. (Telesur/IBT/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s