Rousseff dan Neves Masuk Putaran Kedua

Mantan Presiden Brasil, yang mengajukan diri kembali, Dilma Rousseff memimpin perolehan angka dalam hasil pemilihan umum (pemilu), Senin (6/10/2014). Rousseff akan bertarung di putaran kedua, bersama kandidat lain, Aecio Neves.

Putaran kedua pemilihan presiden Brasil dipastikan terjadi, setelah Rousseff hanya memperoleh 42 persen suara. Peringkat kedua ditempati Neves dengan perolehan suara 34 persen. Sementara kandidat yang lain, Marina Silva hanya mendapatkan 21 persen suara.

Dalam aturan pemilu di Brasil, pemilihan presiden hanya dilakukan satu putaran bila ada kandidat yang mampu memperoleh lebih dari 50 persen suara. Sementara bila tidak, maka akan diadakan putaran kedua, yang menghadapkan antara dua kandidat yang memiliki suara tertinggi.

“Saya secara pribadai mengerti apa masalah yang harus dihadapi masyarakat dijalanan. Kebanyakan dari mereka menginginkan agar pembangunan di Brasil bisa dipercepat,” kata Rousseff menanggapi kemenangan di putaran pertama.

Rousseff sendiri merupakan wakil dari Partai Buruh Brasil. Ia merupakan presiden perempuan pertama di Brasil.

Sementara menurut Neves, mengatakan ia banyak mendapatkan suara dari pemilih Silva yang ingin mendapatkan harapan lebih baik.

Dalam pandangan Silva sendiri, para pemilihnya yang berkurang akan dibicarakan dalam pertemuan Partai Sosialis mendatang. Sejauh ini ia menerima hasil pemilu dan akan membicarakan juga kepentingan Partai Sosialis saat putaran kedua nanti.

“Yang jelas dari perolehan suara yang ada, rakyat Brasil telah mengisyaratkan mengenai tak ingin ada status quo,” kata Silva.

Lanjutnya tak ada kesalahpahaman orang-orang terhadap siapa yang akan dipilih. 60 persen suara Sosialis yang hilang, dipindahkan untuk perubahan yang lebih baik.

Lebih dari 142,8 juta orang Brasil telah memilih pemimpin mereka pada hari Senin. Kebanyakan pemilih berasal dari usia 18-70 tahun. Selain memilih presiden, mereka juga sekaligus memilih wakil rakyat dan gubernur daerah.

Dari awal putaran kampanye, banyak pengamat memang telah menjagokan Rousseff akan menduduki kembali jabatan presiden Brasil. Ia diperkirakan bisa melewati dua kandidat lain. Satu-satunya kandidat yang dianggap paling kuat adalah Eduardo Campos dari Partai Sosialis. Namun sayangnya Campos harus tewas, saat kecelakaan pesawat ketika melakukan kampanye.

Putaran kedua akan dilakukan 26 Oktober mendatang. Dengan dua kandidat yang akan berhadapan, Rousseff dan Neves. (Xinhua/BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s