Rumah Penderita Ebola Texas Dibersihkan

ebola texasPetugas kebersihan mulai melakukan upaya sanitasi terhadap rumah tinggal penderita ebola, yang teridentifikasi di Texas , Amerika Serikat (AS). Rumah tersebut menjadi tempat tinggal penderita selama beberapa hari terakhir, sebelum dirujuk ke rumah sakit setempat.

Dalam pantauan terlihat petugas banyak menggunakan peralatan anti wabah, dan melakukan upaya pembersihan selama kurang lebih tiga jam lamanya.

Thomas Duncan, yang diklaim positif menderita ebola, adalah penderita pertama yang berada di daratan AS saat ini. Sebnayak 10 orang yang pernah kontak dengan korban, kini disinyalir memiliki resiko tinggi turut tertular juga. Demikian diungkapkan petugas dari Dinas Kesehatan Texas, Jumat (3/10/2014).

Diagnosa positif terhadap Duncan dikonfirmasi pada 30 September 2014, 10 hari setelah ia datang ke AS untuk mendatangi kerabatnya. Kini ia berada dalam kondisi serius di rumah sakit.

Duncan diketahui merupakan seorang sopir pengantar barang. Ia kemudian diketahui tertular penyakit tersebut karena pernah membawa pasien ebola ke sebuah klinik di Liberia . Pihak otoritas kemudian berencana memindahkan pasien ke negaranya lagi, setelah ia sembuh dari pengobatan di AS.

Di Texas, petugas kesehatan telah memerintahkan empat dari kerabat Duncan agar masuk ruang isolasi. Mereka tidak diperbolehkan menerima tamu hingga 19 Oktober mendatang.

Untuk keperluan makan dan pasokan kehidupan lain, akan dikirimkan oleh Palang Merah Amerika dan petugas kesehatan Texas . Pada Rabu lalu, masyarakat secara aktif membantu menyiramkan air ke mobil-mobil yang diparkir didepan rumah korban.

Pada kesempatan terpisah, seorang kameramen dari NBC News yang sedang melakukan pekerjaan di Liberia juga terindikasi tertular ebola. Ashoka Mukpo (33) telah dites dan terbukti positif menderita ebola. Kini Ashola dalam perjalanan kembali ke AS untuk mendapatkan perawatan.

Pada Jumat, rumah sakit Universitas Howard di Washington DC mengabarkan telah menerima seorang pasien dengan gejala sama seperti penderita ebola. Kini orang tersebut telah dimasukan ruang isolasi dan dilakukan berbagai tes untu menguji keterlibatan dengan ebola. Diketahui pasien tersebut baru saja melakukan perjalanan di Nigeria .

Lebih dari 3.431 orang tewas di empat negara di Afrika barat karena ebola. Juru bicara Pentagon, John Kirby mengatakan AS telah mengirimkan sebanyak 4.000 tentara ke bagian barat Afrika untuk membantu pengurangan penyebaran wabah penyakit tersebut. (BBC/Sky/Reuters/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s