Demonstrasi Hongkong Rusuh

kerusuhan hongkongKerusuhan pecah di Hong Kong, setelah selama seminggu para pengunjuk rasa pro demokrasi terus meningkatkan eskalasi tensi demonstrasi. Lusinan pemrotes yang kebanyakan mahasiswa ditangkap, dan ratusan lain masih berkumpul di pusat kota hingga Minggu (28/9/2014) malam.

Awal mula kerusuhan terjadi setelah pengunjuk rasa memblokade sebuah jalan bus yang beroperasi di pusat kota Hong Kong . Polisi kemudian menggunakan gas air mata dan peluru karet untuk membubarkan massa. Pemrotes yang tampak siap dengan pelindung mata, dan payung akhirnya terpecah, setelah aksi represif dari aparat juga dilakukan.

“Kami akan berjuang sampai akhir, kami tak akan menyerah,” kata Peter Poon, salah satu demonstran berusia 20 tahun, menyadari bahwa mereka harus mundur sepanjang Minggu malam ini.

masker demonstran hongkong

NBC/Demostran di Hong Kong mengenakan masker, kacamata kerja dan jas hujan untuk mengurangi dampak serangan gas air mata polisi.

Menurut Koordinator Lapangan aksi massa, Chan Kin-man bentrok terjadi karena polisi dikabarkan telah menangkap 78 aktivis, yang dianggap sebagai pemimpin demonstrasi. Menurut polisi para aktivis tersebut telah melakukan gerakan untuk melawan pemerintah, menghina hukum, merusak kenyamanan publik, menyerang aparat dan mengganggu kerja polisi.

Salah satu mahasiswa yang dianggap otak demonstrasi, Joshua Wong juga dikabarkan termasuk salah satu aktivis yang ditangkap. Namun kemudian dibebaskan dengan tanpa tuduhan apapun.

Mahasiswa di Hong Kong meminta hak demokrasi mutlak untuk pemilihan pemimpin mereka. Namun permintaan tersebut ditolak oleh pemerintah Tiongkok, yang kini menjadi penguasa Hong Kong setelah diserahkan Inggris, pada tahun 1997 lalu.

Pernyataan yang dikeluarkan pada Minggu pagi menyebutkan kalau gerakan yang dilakukan pemimpin Hong Kong sekarang, Leung Chun-ying tak akan dapat menghentikan gerakan reformasi politik yang kini menggejala disana.

Sebelumnya Leung mengatakan akan mendengarkan dahulu pendapat para wakil rakyat, untuk masalah ini. Namun Leung juga mengingatkan akan ‘membersihkan’ aksi mahasiswa, bila mereka melakukan demonstrasi illegal.

Sementara itu peemrintah Tiongkok melalui kantor berita Xinhua mengatakan sangat yakin kalau pemerintah Hong Kong saat ini bisa menyelesaikan masalah yang sedang terjadi disana terakhir ini.

HongKong_politics_protest_streets_v4Juru bicara untuk masalah Hongkong dan Macao bilang kalau gerakan yang dinamakan Okupasi Pusat, dapat disebut kumpulan illegal. Pemerintah pusat Tiongkok secara tegas menyatakan akan bersikap oposisi terhadap aktivitas illegal itu, terutama bila telah merusak aturan dan mengancal keseimbangan sosial.

Mereka juga berharap orang-orang di Hong Kong bisa membantu meredakan masalah. Mereka diharapkan bersikap rasional dan memiliki perilaku praktis dalam membangun konsensus.

Protes di Hong Kong terjadi setelah Tiongkok memutuskan pemimpin di Hong Kong hanya dapat dipilih masyarakat, setelah pemerintah pusat menentukan tiga orang sebagai kandidat yang dianggap layak. (BBC/Reuters/AFP/Xinhua/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s