Terbang ke Mars Lebih Murah Daripada Bikin Film

Sejarah baru berhasil ditorehkan negara India, setelah misi antariksa mereka sukses mengantarkan satelit Mangalyaan berada di orbit planet Mars. Bagaimana cara India membuat misi tersebut lebih murah dibanding film yang dibuat Hollywood?

Sepuluh bulan lalu, tepatnya 5 November 2013 sebuah roket diluncurkan dari semenanjung Bengal , India . Roket tersebut membawa satelit yang akan dilepas saat memasuki orbit Mars. Satelit bernama Mangalyaan itu, dalam bahasa Hindu berarti Kendaraan Mars.

Misi membawa satelit seperti itu ke Mars bukan perkara mudah. Hanya beberapa ekspedisi yang sebelumnya dapat dikatakan berhasil. Mereka harus menempuh jarak sejauh 420 juta mil, sebelum akhirnya mencapai atmosfer Mars.

Sebelum Mangalyaan, ekspedisi menuju Mars oleh Tiongkok dan Rusia, tahun 2011 gagal mencapai tujuan.  Ekspedisi Jepang dengan sandi Kozomi, juga gagal pada tahun 1999. Satu tahun sebelumnya, pesawat Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Mars Climate Orbiter terbakar saat mencapai atmosfer Mars. Dari 51 kali percobaan menuju Mars, hanya 21 kali yang berhasil.

India menorehkan sejarah karena baru pertama kali melepaskan misi ke Mars, dan langsung berhasil. Satelit mereka sukses mengorbit di Mars, Rabu (24/9) setelah menempuh perjalanan selama 10 bulan 19 hari lamanya.

Selain sukses itu, salahsatu yang mengesankan merupakan murahnya biaya produksi perjalan tersebut. Menurut Badan Antariksa India (ISRO), anggaran yang mereka keluarkan untuk melepaskan Mangalyaan, hanya sejumlah US$ 74 juta. Jauh lebih murah daripada misi terakhir NASA ke Mars bersandi Maven yang mencapai biaya USS 671 juta. Lebih murah dari biaya ekspedisi Mars Express milik Eropa yang bernilai US$ 386 juta. Juga lebih murah dari misi antariksa Jepang, Nozomi yang memakan biaya sampai US$ 189 juta. Serta lebih murah dari biaya pesawat Rusia ke Mars, Phobos Grunt yang mengeluarkan uang sebanyak US$ 117 juta.

“Biaya pelepasan Mangalyaan bahkan lebih murah daripada membuat film Hollywood seperti Gravity, yang berbiaya sampai US$ 100 juta,” kata Perdana Menteri (PM) India , Narendra Modi.

Jadi bagaimana caranya India membuat segalanya lebih murah? Satu jawaban yang pasti merupakan masih rendahnya gaji pekerja pada misi tersebut. Sebagai pembanding, biaya manajemen selama satu tahun operasi ISRO hanya berjumlah US$ 1,2 milyar. Sangat jauh lebih murah bila dibandingkan harus membayar teknisi dari NASA, yang per tahun bisa mencapai US$ 17,5 milyar.

Selain itu biaya operasional peluncuran bisa dikurangi melalui pengurangan beban yang harus dibawa.

“Mereka membawa beban hanya seberat 15 kilogram. Sangat jauh bila dibandingkan beban yang harus dibawa misi seperti Maven misalnya, dan itu bisa menjelaskan banyak hal tentang biaya,” kata Andrew Coates, investigator prinsip pada misi Eropa Mars rover pada tahun 2018 mendatang.

Sedikitnya beban membuat roket yang harus diciptakan juga tak perlu berbadan sebesar misi Maven. Sehingga pengurangan biaya juga didapat dari minimalisasi pembuatan roket tersebut.

Pengurangan biaya juga bisa diperbesar melalui penggunaan alat-alat dari dalam negeri India sendiri. Dengan bayaran lebih murah, India bisa membuat komponen dan praktek penerapan teknologi satelit tersebut. Jelas dengan cara itu maka akan lebih murah, bila harus mengimpor komponen atau teknologi dari luar negeri India .

Sekarang India sukses sebagai negara ke empat didunia yang bisa mencapai Mars. Sebelumnya hanya Amerika Serikat (AS), Rusia dan Eropa yang mampu mewujudkan mimpi tersebut. Hasil tersebut juga menempatkan India sebagai yang pertama di Asia , setelah misi dari Jepang dan Tiongkok menemui kegagalan. (BBC/Vox/sulung prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s