India Negara Keempat Capai Mars

India akhirnya sukses menaruh satelit mereka di orbit Mars, Rabu (24/9/2014). Mereka menjadi negara keempat di dunia yang mencapai Mars, setelah Amerika Serikat (AS), Rusia dan Eropa.

“Negara India mencapai apa yang kami kira mendekati tak mungkin,” kata Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi.

Satelit robot Mangalyaan akhirnya masuk ke orbit Mars, setelah hilang informasi selama 24 menit. Hilangnya informasi terjadi saat satelit mulai masuk atmosfer Mars. Saat mesin roket pengantar satelit harus menurunkan daya semburan tenaga, dan mengikuti gravitasi turun Mars. Saat itu juga roket harus memutar Mars dan membelakangi bumi, sehingga hubungan komunikasi terputus. Saat hubungan kembali terbuka, satelit telah sukses dilepaskan di orbit Mars, otomatik sesuai perintah yang deprogram dari bumi.

Hanya AS , Rusia dan Eropa yang mampu mencapai Mars sebelumnya. Namun India membuktikan kemajuan karena berhasil pada percobaan pertama, dan memiliki ongkos produksi lebih murah.

“Jikalau tim kriket India memenangkan turnamen, negara merayakannya. Para peneliti kita telah mencapai yang terbaik. Semua sekolah, dan perguruan tinggi harus merayakan sejarah ini,” tambah Modi.

Deputi Direktur Operasi, BN Ramkhrisna mengatakan saat pesawat hilang kontak, merupakan saat yang paling menegangkan. Sementara presisi perlu dilakukan, agar daya lontar roket bisa tepat langsung menuju Mars.

“Seperti memukul bola golf dari Bongalore ke London, dan harus masuk lubang saat pertama kali dilakukan,” urai Ramkhrisna.

Kelebihan lain adalah murahnya biaya operasi pelepasan satelit di Mars ini. Bila dikumpul total hanya sejumlah US$ 74 juta. Harga tersebut terhitung kecil, bila dibandingkan dengan operasi serupa yang dilakukan Badan Antariksa AS (NASA). Misi serupa berkode Maven yang dilakukan NASA, terakhir menghabiskan biaya sampai US$ 671 juta.

Kini satelit Mangalyaan masih berputar di orbit Mars. Misi berikutnya adalah mengirimkan gambar-gambar muka planet ke bumi dan mempelajari atmosfer Mars. Salah satu patokan keberhasilan penelitian adalah menemukan unsur Methane di udara. Unsur Methane tersebut bisa menjadi indicator adanya aktivitas biologis, baik di dalam ataupun dipermukaan Mars.

Satelit Mangalyaan diluncurkan dari bandara Sriharikota, yang berada di semenjung Bengal . Persiapan peluncuran sudah dimulai sejak 5 November 2013 lalu. Satelit tersebut rencanaya akan menjalankan misi bersama dengan negara lain. Hingga kini ada empat misi dari bumi berada di Mars, yaitu Maven, Mars Odyssey dan Mars Reconnaissance Orbiter dari AS, serta Mars Express dari Eropa. (BBC/Xinhua/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s