Afrika Selatan Bangun Reaktor Nuklir dari Rusia

Pemerintah Afrika Selatan (Afsel), Senin (22/9/2014) menandatangi perjanjian pembangunan delapan reaktor nuklir yang berasal dari teknologi Rusia. Direncanakan pembangunan akan selesai pada tahun 2030.

Menurut penjelasan yang diberikan pemerintah Afsel, secara total reaktor tersebut akan menghasilkan daya sebesar 9,6 Giga Watt (GW). Perjanjian itu sendiri ditandatangi di Wina, disela pertemuan Konferensi Badan Internasional Energi Atom (IAEA).

Menurut Badan tenaga Atom Rusia (Rasatom), reactor yang akan dibangun merupakan jenis skala besar. Teknologi yang akan dipakai disebut VVER, yang dikembangkan oleh Rusia. Perjanjian itu sendiri merupakan kali pertama Rusia, akan membangun reaktor nuklir di daratan Afrika.

Tina Joemat-Pettersson, Menteri Energi Afsel mengatakan pembangunan reactor nuklir tak bisa dielakan untuk pengembangan ekonomi di Afsel. “Kami percaya perjanjian tersebut akan berbasis teknologi yang aman dan modern,” imbuh Tina.

Selain perjanjian pembangunan unit reaktor, juga akan dilaksanakan kolaborasi terhadap teknologi Rusia yang akan diimplementasikan. Termasuk sistem konstruksi, asistensi pada pengembangan infrastruktur pendukung, dan pendidikan terhadap spesialis nuklir di Afsel.

Perjanjian ini juga akan membuka akses Afsel terhadap teknologi Rusia, selain juga pendanaan, infrastruktur, dan penyediaan suku cadang dan sumber nuklir pada masa mendatang.

Sergey Kirienko, Direktur Jendral Rosatom mengatakan Afsel akan mendapatkan semua kebutuhan untuk membangun reaktor tersebut. Sebab yang dilakukan Afsel adalah membangun reaktor jenis terbesar yang pernah ada.

“Rosatom akan menyediakan segala kebutuhan Afsel secara skala besar, mulai dari penyediaan sumber nuklir, teknologi pemanfaatan dan manufaktur perlengkapan tenaga,” kata Sergey.

Ia juga menambahkan kerjasama ini akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru, dan menjanjikan pengembalian dana investasi, mencapai setidaknya US$ 10 milyar. (Xinhua/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s