Gunung Mayon Terus Tunjukan Intensitas Aktif

Intensitas gunung api Mayon di Philipina terus terindikasi aktif. Institut Vulkanologi dan Seismologi Philipina (PHIVOLCS), Rabu (17/9/2014) mengatakan hal tersebut berdasarkan pengamatan selama 24 jam.

Menurut peneliti PHIVOLCS, Eric Arconado, gunung api tersebut telah mengalami 38 kali gempa vulkanik, dan 277 kali guguran batu.  Namun status gunung api masih pada tingkat tiga, yang berarti potensi letusan masih akan terjadi selama seminggu ini.

“Gunung api itu menunjukan aktivitas tanpa henti, hingga nanti pada akhirnya akan memuntahkan laharnya,” kata Eric.

Ia mengatakan lahar terus meluap memenuhi kawah gunung. Daerah seperti Bonga Gully diharapkan segera bersiap menerima muntahan lahar tersebut, pada Kamis malam. Kejadian itu mengindikasikan gunung Mayon terus memiliki perkembangan kubah lava. Kubah lava baru juga terlihat dibagian tenggara kawah.

Gunung Mayon juga terindikasi memuntahkan sulfur dioksida sebanyak 475 ton per hari, sejak 12 September 2014.

Karena bahaya yang mungkin ditimbulkan akibat letusan gunung, penduduk di radius 6 kilometer (km) disekitar gunung kini telah dievakuasi. Menurut rencana luas daerah yang harus ditinggalkan akan meningkat menjadi radius 7 km, bila letusan memang benar-benar terjadi.

Pihak militer Philipina mengatakan sudah memindahkan lebih dari 2.000 keluarga, atau 10.000 orang dari lima pemerintahan daerah lokal setempat. Mereka dipindahkan ke daerah yang dianggap lebih aman. (Xinhua/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s