Bom Tewaskan Pemimpin Suriah

Pemimpin salah satu kelompok militan Islam Suriah, Hassan Abboud tewas terbunuh pada serangan bom yang terjadi Selasa (9/9/2014), di barat laut kota Ram Hamdan.

Hassan Abboud tewas bersama 27 pemimpin kelompok Ahrar al-Sham, ketika sedang menggelar rapat bersama. Serangan datang dari bom yang ditaruh pada badan, dan meledak ditengah lokasi rapat.

Ahrar al-Sham merupakan kelompok militan yang merupakan hasil koalisi dari tujuh grup pemberontak Islam di Suriah. Pada bulan Februari 2014, kelompok Ahrar al-Sham bertikai dengan kelompok Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS). ISIS diperkirakan telah menyerang dan menewaskan 40 anggota Ahrar al-Sham.

Ahrar al-Sham dikenal sebagai salah satu kelompok besar pemberontak, yang melawan kepada pemerintahan Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Namun meskipun kelompok itu memiliki konsep garis keras, tapi tidak mau berafiliasi dan menyatakan bersebrangan ideologi dengan ISIS .

ISIS juga dipersalahkan ketika salah satu pemimpin Ahrar al-Sham, Abu Khaled al-Suri tewas dalam serangan bom mendadak di kota Aleppo pada Februari. Kematian pemimpin lain Ahrar al-Sham baru-baru ini ditakutkan akan makin meningkatkan konflik di Suriah. Namun sangat diragukan kelompok tersebut mau bergabung dengan barat, atau Amerika Serikat (AS) untuk memerangi ISIS .

Pada wawancara dengan kantor berita BBC, Juni lalu, Abboud menyatakan kalau ISIS merupakan bentuk terburuk dari Islam yang ada di dunia. Tak seperti ISIS , Abboud mengatakan tak membuka perjuangan organisasinya untuk semua orang di dunia. Mereka akan tetap berjuang sampai pemerintah Assad jatuh.

Abboud juga menyatakan kalau pejuang Islam tidak melakukan bom bunuh diri dan tidak juga mengikuti doktrik ‘Takfiri’, yang merestui penyerangan terhadap orang-orang yang menolak Islam dan sesama kaumnya juga.

Sejauh ini kelompok Ahrar al-Sham dianggap sebagai yang terbesar di Suriah yang bisa menandingi ISIS . Mereka memiliki anggota di seluruh Suriah dan memiliki tentara terlatih.

Sampai Juli 2013, diperkirakan kelompok Ahrar al-Sham telah memiliki 10.000 – 20.000 pejuang. Jumlah tersebut jelas membuat kelompok itu menjadi yang paling menakutkan bagi tentara pemerintahan Assad. (BBC/Xinhua/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s