Turis Prancis Tewas di Tioman

Seorang turis Prancis ditemukan tewas di perairan Tioman, Malaysia, Kamis (4/9/2014). Kematian tersebut menambah misteri pembunuhan berantai dari beberapa waktu sebelumnya.

Tubuh Jerome Laurent (24) ditemukan dipesisir dekat pulau Tioman. Wilayah tersebut tak jauh dari lokasi ia melakukan aktivitas snorkeling, kata Johari Jahaya dari kepolisian setempat.

Namun pihak kepolisian menolak memberikan informasi lebih lanjut. Sementara korban kemudian dibawa ke rumah sakit lokal setempat.

Kedutaan besar Prancis menyatakan telah menghubungi pihak keluarga korban, dan mengusahakan pemulangan jenazah secepatnya.

Sebelumnya Briton Gareth Huntley ditemukan tewas bulan Juni lalu, setelah hilang dalam pendakian di pulau Tioman. Hingga kini kepolisian Malaysia masih menunggu hasil autopsi korban, untuk mengetahui penyebab kematian.

Turis Prancis lain, Stephanie Foray juga ditemukan tewas di pulau itu pada tahun 2011. Pada bulan Juli ditahun yang sama, seorang penjaga toko dianggap menjadi oknum yang bertanggung jawab terhadap masalah tersebut.

Sebelumnya diberitakan Jerome hilang diperairan deka Resort Berjaya Tioman. Ia setelah saat melakukan snorkeling pada pukul 15:00 waktu setempat. Saat ia tak memberikan kabar sampai pukul 17:30, akhirnya teman Jerome melaporkan kepada pihak berwajib.

Johari Jaya mengatakan segera mengirimkan polisi ke lokasi kejadian pada pukul 18:30. Namun pencarian terkendala dengan situasi yang menjelang malam.

Pencarian kemudian dilakukan pada keesokan harinya, melibatkan 26 personil kepolisian, polisi laut, dan pemadam kebakaran dengan menggunakan tiga perahu. Datuk Shafruddin Abdul Gani, Kepala Deputi Senior Kepolisian mengatakan telah memerintahkan personil untuk membantu pencarian turis itu. Ia juga menyarankan kepada para turis agar tetap mendahulukan keselamatan saat melakukan aktivitas wisata sekalipun.

Rentetan kematian turis di Tioman kembali mengemuka saat tubuh Huntley ditemukan pada 4 Juni lalu, di sungai Mentawak. Menurut analisa post mortem menunjukan dia telah meninggal tiga hari sebelumnya.

Kematian para turis tersebut juga menumbuhkan perhatian terhadap kekerasan yang kerap diterima turis dan warga negara asing, pada daerah-daerah yang memiliki mayoritas penduduk muslim.

Tioman merupakan bagian negara Malaysia yang menjadi tujuan wisata laut. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di pulau tersebut. Termasuk pantai, snorkeling dan scuba diving, juga bisa menempuh hutan hingga ke puncak gunung. (asiaone/AFP/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s