Indonesia – Australia Tandatangani Perjanjian Intelejen Baru

Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Australia , Kamis (28/8/2014) menandatangi perjanjian intelejen untuk meningkatkan kooperasi keamanan antara dua negara bertetangga tersebut. Dalam perjanjian itu disebutkan secara tegas mengenai pembatasan penggunaan instrumen penyadapan.

“Ini merupakan perjanjian penting yang dibuat oleh kedua negara untuk mencapai hubungan yang lebih strategik,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia , Marty Natalegawa.

Menurut Marty pihak Indonesia tidak menginginkan terulangnya kembali kasus penyadapan, seperti yang pernah dilakukan pihak Australia sebelumnya.

Selain memberlakukan pembatasan terhadap proses penyadapan, perjanjian juga berisi promosi kerjasama antara badan intelelejen kedua negara. Hubungan kerjasama akan disetarakan dengan hukum dan wewenang yang berlaku di kedua negara itu.

Marty juga menambahkan kalau perjanjian itu akan berlaku berdasarkan perjanjian Lombok Treaty antara Indonesia-Australia, yang sebelumnya pernah ditandatangani pada tahun 2006 lalu.

Menurut informasi dari Kementerian Luar Negeri Indonesia , implementasi dari Lombok Treaty akan diarahkan menuju ke hubungan yang positif.

Sementara itu, pihak Australia melalui perwakilannya, Julie Bishop mengatakan implementasi dari perjanjian itu akan lebih memperhatikan penghormatan pada hubungan yang saling menguntungkan, serta berpijak pada kerawanan dan integritas kedua negara yang bersangkutan.

Hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia memanas sejak akhir tahun 2013 lalu. Penyebabnya merupakan laporan yang tersebar di Wikileaks yang menyebutkan adanya kegiatan penyadapan terhadap para pemimpin tertinggi Indonesia . Tercatat telepon genggam milik Presiden Indonesia , Susilo Bambang Yudhoyono dan ibu negara, serta beberapa pejabat senior Indonesia telah disadap pada tahun 2009.

Karena kejadian itu, pemerintah Indonesia segera menarik duta besar mereka di Canberra sebagai respon terhadap kejadian itu. Selain itu Indonesia juga membekukan beberapa kerjasama bilateral yang sedang berjalan antara kedua negara. (Xinhua/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s