Mantan Menteri LH Brazil Siap Gantikan Campos

Mantan Menteri Lingkungan Hidup Brazil, Marina Silva menyatakan siap menjadi pengganti kandidat presiden Eduardo Campos, yang tewas beberapa waktu lalu. Penasihat terdekat Silva, Bazileu Margarido mengatakan hal itu kepada jurnalis, Minggu (17/8/2014).

“Namun keputusan tersebut masih harus menunggu persetujuan dari Partai Sosialis Brazil (PSB), yang menjadi tempat bernaung Campos sebelumnya,” kata Margarido.

Sementara pihak Partai Sosialis sendiri baru akan mengadakan pertemuan Rabu mendatang. Hasil pertemuan tersebut akan memutuskan pengganti Campos , menjadi kandidat presiden Brazil mendatang. Pemilihan Umum (Pemilu) Brazil direncanakan akan diselenggarakan kembali pada Oktober 2014 nanti.

Silva sempat menjadi Mentri Lingkungan Hidup Brazil , hingga tahun 2010. lalu ia bergabung dengan Partai Buruh, dan kemudian memutuskan menjadi pendamping Campos, setelah gerakan politiknya, bertajuk Jaringan Berkelanjutan ditolak oleh Mahkamah Konstitusi Brazil tahun 2013 lalu. Silva dikenal sebagai seorang pecinta lingkungan, dan secara mengejutkan memiliki 20 persen suara yang ada sekarang di Brazil .

Putaran pertama pemilihan presiden Brazil akan dimulai 5 Oktober. Sementara putaran kedua akan dilakukan sebulan setelah pengumuman, bila pada putaran pertama tak ada kandidat yang meraih suara lebih dari 50 persen.

Kandidat lain yang harus dihadapi Silava adalah Presiden Brazil saat ini, Dima Roussef dan Aecio Neves, dari Partai Sosial Demokrat Brazil (PSDB).

“Saya memiliki tanggung jawab dan komitmen,” kata Silva, usai menghadiri pemakaman Campos di timur laut kota Recife .

Silva sempat tak menanggapi beberapa pertanyaan mengenai kemungkinan ia maju sebagai kandidat pengganti Campos . Baru setelah usai pemakaman, ia mau sedikit berbicara mengenai hal tersebut.

Menurut pengamat Silva terlihat sebagai calon lawan yang kuat. Ia juga diprediksi bisa memenangkan pemilu, bahkan melebihi popularitas Campos sekalipun.

Senin ini jutaan warga Brazil diharapkan berkumpul bersama di jalanan kota , untuk memberikan penghormatan terakhir kepada calon presiden Campos .

Campos , yang datang dari keluarga yang memiliki tradisi sebagai politisi awalnya merupakan Gubernur di Pernambuco. Ia menjadi Gubernur disana selama tujuh tahun. Kemudian memutuskan menjadi kandidat Presiden Brazil , setelah didukung oleh PSB.

Akhir minggu lalu, pesawat jet pribadi yang membawa Campos mengalami kecelakaan. Saat itu mereka akan pergi ke ibukota Rio de Jeneiro dari bandara Santos di kota Sao Paulo . Penyelidikan mengenai penyebab jatuhnya pesawat Campos kini sedang dalam penyelidikan. Namun Angkatan Bersenjata Brazil (FAB) paska kecelakaan sempat mengeluarkan rilis mengenai kotak hitam di pesawat tersebut yang tak bekerja sebagaimana mestinya. Menurut FAB kotak hitam tak merekam suara dan data pesawat pada saat kejadian. Sementara data yang dikirimkan ke mereka disebut sebuah kekeliruan. Sejauh ini dipercaya pesawat tersebut jatuh karena tak mampu menembus cuaca buruk, yang memang sedang terjadi pada saat kecelakaan. (BBC/CNN/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s