Penyebab Kecelakaan Kandidat Presiden Brazil Tak Jelas

Kotak hitam di pesawat yang menewaskan calon presiden Brazil, tidak menghasilkan bukti sesuai ketentuan. Rekaman pada kotak hitam, diperkirakan tidak sama dengan yang benar-benar terjadi. Demikian diungkapkan wakil dari Angkatan Bersenjata Brazil (FAB), Jumat (15/8/2014).

“Dari dua jam rekaman audio yang ada, yang telah diterima dan divalidasi oleh staf teknis bersertifikat, bukanlah rekaman dari pesawat yang jatuh pada tanggal 13 Agustus lalu,” kata juru bicara FAB, Pedro Luis Farcic.

Selanjutnya ia mengatakan sedang berusaha mencari tahu, apa sebenarnya yang direkam oleh kotak hitam tersebut.

Sementara ahli dari Pusat Investigasi dan Pencegahan Kecelakaan Angkasa Brazil , mengatakan sedang merekonstruksi ulang data di audio kotak hitam itu. Mereka mencari bukti lain yang dapat menjelaskan penyebab kecelakaan pesawat.

“Data tanggal yang keluar menunjukan rekaman tidak sesuai dengan tanggal kejadian, menunjukan peralatan itu tidak merekam informasi pada hari itu,” kata Pedro lagi.

Kemudian ia menyarankan agar segera dilakukan proses investigasi atas kejadian ini.

Calon Presiden dari Partai Sosialis Brazil (PSB), Eduardo Campos dinyatakan tewas Rabu lalu. Ia disebut tewas dalam kecelakaan pesawat yang terjadi di daerah Santos , bagian barat Brazil. Campos datang ke daerah tersebut untuk melanjutkan proses kampanye menjelang pemilihan umum (pemilu) di Brazil.

Tak lama setelah kejadian, Presiden Brazil, Dilma Rousseff mendeklarasikan mengheningkan cipta, selama tiga hari berturut-turut untuk mengenang Campos . Ia juga memutuskan penghentian sementara aktivitas kampanye menjelang pemilu.

Hingga kini belum diputuskan lagi, siapa yang akan menggantikan posisi Campos sebagai kandidat presiden dari PSB. Para anggota partai PSB mengatakan baru akan melakukan rapat untuk masalah ini, pada tanggal 20 Agustus 2014 mendatang.

Diperkirakan calon wakil presiden, yang semula disandingkan dengan Campos, Marina Silva akan mengambil alih posisi tersebut. Marina dikenal sebagai politisi berpengalaman, dan pernah menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup Brazil sebelumnya.

Menurut aturan di Brazil , partai memiliki waktu 10 hari untuk memutuskan pengganti. Atau bisa juga memutuskan terus ikut pemilu, dengan tanpa memiliki kandidat, dan melepaskan calon pemilih untuk mendukung kandidat yang lain.

Campos merupakan mantan Gubernur di negara bagian timur laut Brazil , Pernambuco. Ia mengalami kecelakaan saat akan terbang dari kota Guajara, ke Rio de Janeiro . Pesawat jenis Cessna 560XL yang ditumpanginya tiba-tiba jatuh, pada saat cuaca buruk terjadi. Pesawat itu jatuh pada daerah pemukiman, dan juga membunuh semua penumpang yang ada. Para petugas menyalahkan cuaca buruk sebagai penyebab kecelakaan, tapi Badan Investigasi Federal Brazil mengatakan sedang menelusuri kembali kemungkinan kecelakaan bisa terjadi. (BBC/AFP/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s