Karang Great Barrier Reef Rusak Parah

Sebuah penelitian terbaru memperlihatkan kalau deretan karang laut di Great Barrier Reef , Australia mengalami kerusakan hebat akibat perubahan iklim. Diperkirakan kerusakan tersebut akan makin merajalela, hingga beberapa tahun ke depan. “Meskipun telah dilakukan berbagai insitiatif untuk mengurangi dampak, secara umum kondisi karang laut di Great Barrier Reef saat ini sangat buruk,” kata laporan penelitian yang disponsori Otoritas Taman Nasional Great Barrier Reef, Rabu (13/8/2014).

Menurut laporan itu, penyebab utama kerusakan adalah perubahan iklim. Selain juga polusi air yang datang dari daratan, buruknya sistem pembangunan pesisir dan kebiasaan memancing warga Australia .

“Kondisi ini bahkan lebih buruk dari tahun 2009 lalu, dan diperkirakan bisa lebih buruk beberapa tahun mendatang,” papar laporan penelitian itu lagi.

Laporan itu kemudian juga merekomendasikan penyebab dari lokal dan regional harus segera dihentikan, bila ingin mengurangi dampak kerusakan karang disana. Selain juga diperlukan aksi rehabilitasi karang secepatnya.

Great Barrier Reef dikenal memiliki deretan karang terbesar di dunia. Juga merupakan salahsatu area dengan kekayaan flora fauna terbaik. Terbentang sepanjang 2.600 kilometer (km), disepanjang bagian pesisir timur Australia .

Diperkirakan 400 jenis karang laut ada disana. Selain juga 1.500 spesies ikan dan 4.000 jenis moluska. Kawasan itu juga masuk dalam Situs Warisan Dunia yang diinisiasi oleh Badan Dunia untuk Pendidikan Sosial dan Budaya (UNESCO).

Menanggapi kemungkinan kehancuran Great Barrier Reef , banyak pecinta lingkungan sangat khawatir akan makin berat pada masa mendatang. Emngingat pembangunan beberapa pelabuhan, seperti di Abbot Point yang dianggap bisa merusak kesehatan karang.

Padahal didaerah itu juga memiliki karang yang sangat baik. Serta kadang-kadang mamalia jenis Paus Bungkuk sering terlihat disana. Selain juga jenis buaya rawa yang bisa menjadi punah, karena pembangunan pelabuhan baru itu.

“Bersama, berdasarkan laporan itu kita akan memperbaiki keadaan,” kata Menteri Lingkungan Australia , Greg Hunt.

Ia berharap dengan berbagai kebijakan, maka kesehatan terumbu karang di Great Barrier Reef akan kembali seperti sedia kala. Namun perlu diperhatikan, proses perbaikan tidak akan terjadi secara tiba-tba. Perlu kerjasama antara pemerintah, industri dan komunitas, tambah Greg lagi.

 

Hingga saat ini diperkirakan dana sejumlah US$ 167 juta telah diinvestasi untuk perbaikan terumbu karang di Great Barrier Reef . Namun dana tersebut tampaknya akan makin bertambah, dalam kurun 2015 – 2050 mendatang. (BBC/AFP/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s